BANGKATIMES, Pangkalpinang – Organisasi Amatir Radio Indonesia membuka kesempatan luas bagi masyarakat untuk memiliki lisensi resmi untuk penggunaan perangkat radio komunikasi. Si calon pemegang lisensi itu, sekaligus akan menjadi anggota. Namun tidak sembarangan. Ada mekanisme ujian yang harus ditempuh terlebih dahulu, namanya Ujian Negara Amatir Radio (UNAR).

Dalam waktu dekat, ORARI Daerah (ORDA) Kepulauan Bangka Belitung akan menggelar ujian UNAR tersebut. “Kita sudah agendakan tanggal 7 Juli untuk pelaksanaan ujian,” kata Ketua ORDA Babel, Abet Suhaian, Senin, 1 Juli 2019 malam.

Lokasi ujian, akan berlangsung di Swiss-Belhotel, Pangkalpinang.

Untuk memudahkan pendaftaran calon peserta ujian, para pengurus ORDA Babel, telah membuka posko di John Fresh Cafe, Papinka Valley. Terlihat, ada puluhan calon peserta ujian yang mendaftarkan diri di Senin malam, itu.

“Kita membantu peserta ujian untuk melakuan pendaftaran secara online baik yang baru dan atau kenaikan tingkat,” kata Abet.

Bagi peminat, ORDA Babel masih membuka kesempatan pendaftaran hingga tanggal 3 Juli 2019. Pendaftar ujian, tinggal berkunjung ke situs https://iar-ikrap.postel.go.id/ untuk mengisi formulir pendaftaran. Disertakan foto KTP dan pasfoto ukuran 4×6 dengan latar belakang merah.

“Tahun ini adalah ujian secara manual yang terakhir. Ujian yang berikutnya nggak ada lagi. Nanti, peserta ujian di komputer,” tuturnya.

DONNY FAHRUM 

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda