BANGKATIMES.com, Bangka – Erzaldi Rosman terkesima. Bertandang ke Desa Kemuja pada Jumat, 1 Desember 2017 untuk bersama warga merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, dirinya mendapati pemandangan yang menakjubkan. Di desa santri ini, perayaan hari kelahiran Rasulullah diperingati dengan meriah, dalam semangat syiar Islam.

Apalagi, tak cuma dia seorang yang mendapat sambutan hangat. Tiap tamu yang yang bertandang, juga mendapat perlakuan ramah serupa, disertai ajakan untuk bertamu ke rumah.

Sesungguhnya, ini adalah pengalaman perdana Erzaldi, merayakan Maulid Nabi Muhammad di Desa Kemuja, dalam status sebagai Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Pagi-pagi benar, dia sudah tiba di Masjid Rahmatuddin, Desa Kemuja, yang menjadi pusat perayaan.

Kehadiran Gubernur Erzaldi Rosman ini disambut langsung oleh pimpinan masjid, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat setempat yang telah antusias menunggu kehadirannya. Masyarakat yang hadir tersebut juga membawa dulang sebagai kebiasaan dan tradisi kebanyakan masyarakat di Bangka Belitung.

Erzaldi Rosman dalam sambutannya mengajak umat dan masyarakat Kemuja untuk memelihara tradisi ini agar tetap terlaksana, sehingga karakter islami di Desa Kemuja betul-betul dapat terjaga.

“Karena itu penting, pengaruh dari luar masuk mempengaruhi keimanan dan ketaqwaan kita itu penting. Kegiatan-kegiatan seperti ini untuk dijaga terus,” ujarnya, menegaskan.

Gubernur juga berharap masyarakat Desa Kemuja untuk berani keluar dalam mempromosikan daerahnya yang Islami ini kepada dunia luar, dalam hal ini negara tetangga seperti Malaysia, Brunei Darrusalam, dan Melayu Singapura, melalui media-media sehingga kesantrian Desa Kemuja ini mendunia.

20171201_213245

Tak lupa Gubernur Erzaldi juga berpesan untuk selalu meneladani kehidupan Nabi Besar Muhammad SAW dalam kesehariannya.

Turut hadir dalam acara Maulid Nabi di Kemuja, Tarmizi Saat Bupati Bangka, Camat Mendobarat, M.Kosim Kades Kemuja dan ribuan masyarakat.

Tak ingin kehilangan momen di hari istimewa, Gubernur menyempatkan juga bertandang ke Desa Sinar Baru – Sungailiat, untuk merayakan Maulid Nabi di sana. Kemudian, Sholat Jumat di Desa Zed, dan melanjutkan perjalanan menuju Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam.

Di hadapan jemaah sholat Jumat di Desa Zed, Gubernur menyampaikan program-program yang sedang dijalankan Pemprov Babel, dengan mengajak masyarakat bersinergi dengan Pemprov untuk Membangun Babel.

REL | DONNY FAHRUM

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda