BANGKATIMES, Jakarta – ICDX (Indonesia Commodity & Derivatives Exchange) Group dibangun oleh anak bangsa, dengan cita-cita untuk memberikan manfaat dan membangun perekonomian Indonesia. Catatan yang berhasil diukir adalah mengembalikan kedaulatan Indonesia dalam perdagangan timah dunia, dengan berhasil menurunkan volume perdagangan timah yang sebelumnya 80% melalui Singapura, menjadi 24% di tahun 2018.

Hal ini juga diiringi dengan peningkatan yang signifikan negara yang melakukan perdagangan melalui bursa yakni sebesar 86%, dari 14 negara menjadi 26 negara tujuan ekspor.

Rabu, 3 Juli 2019, Megain Widjaja selaku Chief Strategy Officer of ICDX, menjelaskan, “Perjalanan ICDX Group selama satu dasawarsa dalam industri Perdagangan Berjangka dan Komoditi di Indonesia, telah melahirkan sebuah ekosistem untuk mewujudkan perdagangan yang dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia. Ekosistem ini memberikan fleksibilitas dan layanan yang lengkap serta membuka peluang perdagangan yang lebih luas, tercatat dan transparan. Kami berharap, para pelaku industri di Indonesia bisa mengakselerasi bisnisnya dengan lebih maksimal”.

Terbentuknya ekosistem Perdagangan Berjangka dan Komoditi di Indonesia oleh ICDX, didorong oleh semangat untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada setiap anggota bursa, yang kini telah beranggotakan 136 member. Ekosistem Perdagangan Berjangka dan Komoditi yang dibangun terdiri dari ICDX, Indonesia Clearing House (ICH) dan ICDX Logistik Berikat (ILB).

Perjalanan selama satu dasawarsa dalam industri Perdagangan Berjangka dan Komoditi (PBK) di Indonesia juga mengajarkan makna pentingnya sinergi. Sinergi demi mewujudkan ekosistem Perdagangan Berjangka dan Komoditi yang berdaulat, adil dan makmur. Sinergi untuk senantiasa memberikan kontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan bagi Indonesia.

Sinergi yang kuat antar sektor berhasil membawa bursa komoditi Indonesia menguat di dunia internasional, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya negara asing yang melakukan perdagangan dengan Indonesia sebesar dua kali lipat, jika dibandingkan dengan data pada tahun 2014. Pada periode yang sama, negara yang aktif melakukan transaksi melalui bursa juga tumbuh dua kali lipat.

“Berbagai pencapaian dalam sepuluh tahun terakhir akan menjadi bara api yang menyalakan semangat kami untuk selalu berinovasi dalam membangun perekonomian Indonesia. Kedepannya ICDX akan terus menghadirkan produk yang semakin mudah diakses oleh berbagai pihak, termasuk anak-anak muda. Sehingga perekonomian Indonesia dapat semakin kuat dari berbagai sektor,” Megain menyimpulkan.

Berbagai inovasi yang dihadirkan oleh ICDX bertujuan untuk mendorong kemajuan industri PBK, agar mampu mandiri dan menjadi referensi dunia untuk komoditi strategis Indonesia. Sinergi berbagai pihak perlu terus diperkuat, sehingga bisa menjadi landasan dalam pengembangan ekonomi Indonesia dengan semangat nasionalisme demi mewujudkan kedaulatan ekonomi Indonesia.

RELEASE

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda