Buah dibelah di tengah hutan
Mari makan bersama es dan sop
Walau di tengah guyuran hujan
Tetap berjalan GJS Atok Kulop
(Pantun Atok Kulop)

PANGKALPINANG – Jum’at (05/04/2019), hujan membasahi Kota Pangkalpinang dan sekitarnya. Namun 500 Paket Nasi Kotak yang dihimpun oleh Tim GJS Atok Kulop harus segera diantar kepada para penerima. Semangat sosial dan demi mengantar amanah, puluhan anak-anak muda yang tergabung dalam GJS Atok Kulop bersama Komunitas anak-anak Musik Bangka, Rock n Roll dan Komunitas TTS (Tongkrongan Teman Sejalan) tetap melangkah kaki walau di tengah guyuran hujan.

Jum’at ini adalah Pekan ke-106 berjalannya GJS Atok Kulop yang dipelopori tokoh muda Bangka Belitung, Ahmadi Sopyan. Pada pekan kali ini, ikut serta dalam distribusi adalah komunitas anak-anak muda dari Rock n Roll dan TTS (Tongkrongan Teman Sejalan).

Di tengah guyuran hujan lebat, anak-anak muda ini membagikan 500 paket nasi kotak ke beberapa tempat, antara lain: Keluarga pasien di RS Bakti Wara, Jama’ah Jum’at Masjid Al-Mukarromah, Tahanan dan penjaga di Polda Babel dan Polres Pangkalpinang, Satpam, petugas parkir, petugas kebersihan dijalanan, panti Asuhan Kristen RUTH, Panti Asuhan Nur Rohmah, Panti Asuhan Bina Harapan Al-Islam, Santri Tahfidz Qur’an Hidayatullah Teru Bangka Tengah, Kelompok Pemulung di TPA Parit 6 Pangkalpinang, orang gangguan kejiwaan di jalanan dan sebagainya.

IMG-20190405-WA0035

Gerakan sederhana namun patut diberikan apresiasi karena sikap istiqomah (konsisten) dalam menjalankannya. Sosok Ahmadi Sopyan selaku pencetus dan pelopor kegiatan ini adalah tokoh muda di Bangka Belitung yang sangat dikenal sebagai seorang penulis buku, kolomnis di berbagai media dan budayawan muda Bangka Belitung. Tak ingin sendiri, kegiatan ini setiap pekannya selalu melibatkan organisasi atau komunitas anak-anak muda di Bangka Belitung. Seperti halnya pada Pekan 106 ini melibatkan Komunitas Rock n Roll dan TTS.

Pengurus TTS, Huzaili, merasakan kebahagiaan bisa terlibat langsung dalam pembagian nasi kotak GJS Atok Kulop. “Ini kegiatan sosial yang luar biasa, tetap konsisten sejak dulu. Walau pagi ini kami diguyur hujan, tapi tetap semangat. Ide dalam membuat kegiatan seperti ini benar-benar sangat luar biasa, sederhana namun langsung menyentuh,” ungkap cowok asli Sampur ini.

IMG-20190405-WA0034

Demikian juga dengan Rici, Siswa SMAN 1 Pangkalan Baru ini pun menyatakan hal yang sama. “Ini pertama kali saya ikut dalam kegiatan ini. Berbagi nasi kotak langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. Saya benar-benar senang bisa dilibatkan. Meski hanya nasi kotak, tapi ini menjadi perantara kita untuk belajar kepekaan sosial. Kegiatan ini menjadi inspirasi bagi komunitas atau organisasi lainnya,” ungkap cewek asli Desa Cambai ini.

Sedangkan Pengurus Rock n Roll, Jonatan, mengungkapkan bahwa keikutsertaannya dalam kegiatan GJS Atok Kulop ini tidak lepas karena ingin belajar. “Luar biasa kegiatan ini karena konsistensinya. Apalagi sudah sampai pada Pekan ke-106. Meski hari ini kita diguyur hujan, tapi tetap semangat. Kegiatan ini sederhana namun sangat inspiratif. Ide dari kegiatan ini benar-benar luar biasa dan patut diapresiasi,” ungkap cowok kelahiran Padang Baru ini.

Dalam pantauan media ini, uniknya di setiap nasi kotak GJS Atok Kulop tertempel stiker yang bertuliskan nama para penyumbang. “Disini kita semua sama-sama belajar, belajar peka sosial, belajar amanah dan belajar transparan dalam menyampaikan amanah. Selain itu kita juga belajar bekerjasama sehingga melibatkan organisasi atau komunitas lain,” ungkap Ahmadi Sopyan yang akrab disapa Atok Kulop.

==============================

DAFTAR NAMA DERMAWAN GJS
Pekan ke-106 (05-04-2019)

1. UMAH UBI ATOK KULOP : 25 Kotak
2. Ahmadi Sopyan (Penulis Buku) : 105 Kotak
3. IPONG GROUP Pangkalpinang : 10 Kotak
4. PT. PULOMAS SENTOSA : 10 Kotak
5. Adi Kurniadi / Jidol (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 10 Kotak
6. Ibu Sri (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 25 Kotak
7. Abet Suhaian (PT. Yuneldo Berjaya) : 10 Kotak
8. Agung Yubi Utama (Kepala BKD Kota Pangkalpinang) : 20 Kotak
9. Hj. Zachria Subagyo (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 5 Kotak
10. Sumarno (MD. KAHMI Pangkalpinang) : 5 Kotak
11. (Alm) Kasdan & (Almh) Hj. Karmonah (Warga Demak Jateng) : 10 Kotak
12. Depati Amir Gandhi (Wakil Ketua DPRD Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
13. Diahrinti (DeLAUNDRY Pangkalpinang) : 5 Kotak
14. H. Yuli Darusman (Warga Graha Puri Pangkalpinang) : 25 Kotak
15. Ustadz H. Zuhri M. Syazali (Mantan Bupati Bangka Barat) : 5 Kotak
16. H. Yunan Helmi (SEKDA Bangka Barat) : 10 Kotak
17. Bambang Patijaya (Ketua DPP GEMABUDHI) : 10 Kotak
18. Zulkarnain Syamsuddin & Isteri (Warga Kota Pangkalpinang) : 10 Kotak
19. ARSEL TENDA Pangkalpinang : 5 Kotak
20. Lely Marulisari (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
21. Yulinda (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 5 Kotak
22. Yusmita (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
23. Devin Rulianto / Ato (Warga Graha Puri Pangkalpinang) : 10 Kotak
24. Muhammad Bilal (Mahasiswa ITS Surabaya) : 5 Kotak
25. Muhammad Ghifari (Siswa SMAN 1 Pangkalpinang) : 5 Kotak
26. Muhammad Thoriq (Siswa SMPN 2 Pangkalpinang) : 5 Kotak
27. BATIK KAMPUNG KATAK (Pangkalpinang) : 5 Kotak
28. Saparyani (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
29. Andi (Anggota DPRD Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
30. Hera Sulaiman (Warga Kota Pangkalpinang) : 25 Kotak
31. Kayla Annisa (Siswa SMPN 2 Pangkalpinang) : 10 Kotak
32. Muhammad Tamimi (Wartawan RAKYAT POS) : 5 Kotak
33. Ahdori (Tim UMAH UBI ATOK KULOP) : 5 Kotak       34. Volojuan (Warga Kota Pangkalpinang) : 100 kotak

Total: 500 kotak

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda