BANGKATIMES.com, Pangkalpinang – Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung telah melaksanakan Sidang Terbuka Penetapan Kelulusan Akhir (Pantukhir) Penerimaan Bintara Polri Tahun Anggaran 2017. Sidang yang dilakukan pada Sabtu 5 Agustus 2017 di Gedung Tribrata Mako Polda Babel itu, dinyatakan sebanyak 249 orang diterima ikut pendidikan Polki, dan 12 orang calon siswa diterima ikut pendidikan Polwan.

Kegiatan Sidang Pantukhir ini dipimpin oleh Wakapolda Kep. Bangka Belitung Kombes Pol Tantan Sulistyana SH SIK dengan didampingi Karo SDM Kombes Pol Enjang Hasan Kurnia, SIK, Dirintelkam Kombes Pol Witnu Urip Laksana SIK dan Dirbinmas Kombes Pol Badya Wijaya SH MH, serta juga dihadiri panitia seleksi lainnya yaitu Dirresnarkoba Kombes Pol Suherman, Kabid Propam AKBP Joas Panjaitan, Kabid Dokkes AKBP Charles Manulang, Wadir Lantas AKBP Yusuf, Wadir Reskrimsus AKBP Indra, Kabagbinkar AKBP Anton dan Kabag Watpers AKBP Sun’an.

Dalam kegiatan sidang Terbuka Pantukhir ini juga dihadiri dari Pengawas Internal yaitu dari unsur Itwasda, Provost dan Paminal Polda Kep. Babel, serta dari unsur eksternal yang terdiri atas : Dinas Pendidikan Prov. Kep. Babel, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil, Ketua IDI (Ikatan Dokter Indonesia), Ketua LSM (Lembaga Sosial Masyarakat), Orang Tua / Wali sebanyak 534 orang dan Peserta Casis Sidang sebanyak 267 orang.

Dalam kegiatan Pantukhir tersebut, Karo SDM Kombes Pol Enjang Hasan Kurnia menyampaikan bahwa Kegiatan pengumuman Sidang Terbuka Penetapan Kelulusan Akhir (Pantuhir) Penerimaan Bintara Polri T.A. 2017 merupakan hasil dari keseluruhan tahapan tes yang sudah diikuti oleh semua Calon siswa Bintara (Caba) Polda Kep. Babel dengan kuota yang telah ditentukan sebanyak 261 antara lain yaitu : Kuota Casis yang ikut pendidikan untuk Polki sebanyak 249 orang dan Kuota Casis yang ikut pendidikan untuk polwan sebanyak 12 0rang.

Selanjutnya Karo SDM mengatakan, Selama rangkaian tahapan tes bintara polri kami menemukan ada anggota kami yang mencoba berkolaborasi dgn orang tua calon Siswa dengan modus ingin membantu meluluskan dgn perjanjian yang memberatkan orang tua dan ada anggota mencoba membantu calon siswa yang belum cukup umur untuk pindah jiwa ke Bangka Belitung dengan mencoba membuat KTP Palsu untuk yang bersangkatun. Oleh karena itu sesuai Keputusan Kapolda Kep. Babel Nomor : 257/VIII/2017 disampaikan kepada para peserta seleksi tahun anggaran 2017 dikarenakan terindikasi dan terbukti berkolaborasi dgn anggota polri dengan nomor ujiannya 30901P/48 a.n Rival dan nomor ujian dan 30901/0542 a.n Meri belum cukup umur domisilinya dinyatakan didiskualifikasi.

Karo SDM juga mengatakan, bahwa Polda Kalbar dan Polda Babel mendapat penghargaan dari Mabes Polri karena berani mendiskualifikasi peserta. Lebih lanjut Karo SDM mengatakan, Calon Siswa Polki yang masih tersisa sampai sidang kelulusan akhir sebanyak 252 dan 1 didiskualifikasi. Sedangkan Calon Siswa Polwan yang masih tersisa sampai sidang kelulusan akhir sebanyak 13 orang dan 1 didiskualifikasi.

Maka berdasarkan kuota jumlah Bintara Polri T.A. 2017 yang dinyatakan lulus sebagai Calon Siswa Bintara Polri sebanyak 261 orang dengan rincian: Kuota Polki lulus sebanyak 249 orang yang akan dididik di Spn Lubuk Bunter Polda Babel. Sedangkan kuota Polwan yang lulus sebanyak 12 orang yabg akan dididik di SEPOLWAN Jakarta.

Wakapolda Kep. Babel Kombes Tantan Sulistyana SH SIK dalam sambutannya menyampikan bahwa dalam Tes ini, Polri inginkan mencari bibit yang baik dengan cara berkompetisi yang sehat,oleh karena itu sudah kita buat aturan main yg sudah kita sepakati bersama.Karena itu, sangat penting mencari bibit anggota polri yang berkualitas karena bagaimanapun kalau pertama dari tahapan seleksi sudah tidak jujur maka kedepannya juga tidak akan jujur. Biro DDM sudah buat prinsip BETAH (Bersih, Transparan dan Akuntabel) dan prinsip ini harus dilaksanakan dengan sungguh sungguh.

Wakapolda juga menyampaikan, bahwa sebetulnya yang hadir semua ini lulus, akan tetapi karena kuota sudah ditentukan sebanyak 261 orang (249 Polki dan 12 Polwan), sehingga ada yang tidak berangkat pendidikan. Jadi untuk yang belum lolos, jangan patah hati dan harus melakukan persiapan tes berikutnya. Oleh karena itu kita harus membuat persiapan jadwal latihan fisik akademik dan psikologi. Jika kamu gagal mendapatkan sesuatu coba terus dan coba lagi. kepada rekan rekan yang belum brhasil tahun ini, tolong jaga fisik utk ikuti tes lagi tahun depan.

Sedangkan untuk calon siswa yang lolos ini merupakan awal untuk mengikuti pendidikan di Polri. Oleh karena itu, Wakapolda berpesan untuk menyiapkann fisik dan mental. “Rekan-rekan yang lulus harus menjaga nama baik kepolisan, harus bisa menjadi tauladan bagi masyarkat sehingga kedepan kepolisian makin di cintai masyarakat. Kami juga menyampaikan untuk kuota didik polki sebanyak 249 orang akan dilaksanakan pendidikan di SPN LUBUK BUNTER pada tanggal 05 Agustus 2017 akan diserah terimakan ke SPN Lubuk Bunter dan tanggal 9 Agustus 2017 akan dibuka Pendidikan Calon Bintara. Sedangkan untuk polwan akan melaksanakan pendidikan di Sepolwan Lemdikpol Jakarta dan tanggal 6 Agustus akan diberangkatkan ke Sepolwan Jakarta,” ujarnya.

Source: TRIBRATANEWS BABEL

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda