BANGKATIMES.com, Pangkalpinang – Kamis 7 Desember 2017 pagi, rangkaian kemeriahan Bangka Belitung Food Festival 2017 akan dimulai. Sejak pukul delapan pagi, peserta lomba memasak lempah kuning sudah mengadu kebolehan dengan berburu kebutuhan memasak, dalam gelaran Amazing Race.

Dalam briefing kepada peserta lomba lempah kuning, San San Arya Lukman, panitia penyelenggara Bangka Belitung Food Festival mengatakan tiap peserta dibekali uang sejumlah seratus ribu rupiah untuk berbelanja bahan-bahan yang dibutuhkan. Sesi ini sangat menarik, karena peserta wajib berbelanja dalam jangka waktu satu jam dari waktu yang ditentukan panitia.

“Uang sejumlah itu harus cukup untuk berbelanja, termasuk untuk membeli daging atau ikan atau ayam, tergantung pilihan peserta. Juga beserta bumbu-bumbunya,” ujarnya, Rabu, 6 Desember 2017 sore.

Panitia telah memilih hanya sebanyak 60 peserta yang berhak ikut unjuk kebolehan dalam gelaran lomba masak lempah kuning. Mereka berasal dari warung, restoran, maupun chef dari hotel-hotel yang ada di Bangka.

“Kenapa kita tak perkenankan peserta umum, karena tujuan lomba ini untuk membantu mempromosikan warung-warung makan yang ada. Peserta yang menang, harus benar-benar ada warung makannya, jelas. Nanti kita periksa,” tegas San San.

Acara yang diselenggarakan oleh Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Kepulauan Bangka Belitung dan didukung Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ini menghadirkan hadiah yang wah. Pemenang juara pertama berhak meraih uang tunai senilai sepuluh juta rupiah.

Untuk dewan juri, panitia sudah menghadirkan Eddrian Tjhia dan Deso Trisnawati, dua chef top tanah air. Keduanya, juga akan mengadakan demo masak dan memberi training penyajian kuliner kepada para peserta.

Selain lomba memasak lempah kuning, BBFF 2017 akan menghadirkan lomba membuat kopi di hari kedua, serta lomba membuat dan memakan martabak di hari ketiga.

Selain itu, ada juga beberapa lomba penunjang acara, diantaranya lomba mewarnai, lomba melukis, lomba vlog, dan lomba features bagi kalangan jurnalis.

20171206_215551_crop_900x600-01

Di sepanjang penyelenggaraan acara, terdapat seratus stand yang menyajikan berbagai penganan maupun kerajinan. Juga, ada panggung hiburan yang akan menampilkan kelompok musik reggae dan hiburan komedi. Termasuk yang akan tampil, Ria Anggraini, finalis asal Bangka Belitung yang akan berlomba di Liga Dangdut Indosiar.

IMG-20171206-WA0069_crop_900x600-01

Dengan mendesain area festival yang unik dan menarik, pengunjung akan termanjakan dengan banyak spot-spot selfie yang disediakan panitia. Salah satunya, deretan mobil antik yang diatur rapi di beberapa titik area. Susunan stand pameran, juga sudah tertata dengan apiknya. Ayoo, berkunjung ke Bangka Belitung Food Festival 2017 di Citraland Botanical City, Pangkalpinang!

DONNY FAHRUM

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda