BANGKATIMES.com, Pangkalpinang – Sajian lempah kuning yang menjadi kuliner khas Bangka Belitung mesti ngetop dan populer. Tak cuma di Bangka Belitung saja, namun harus sampai mengglobal.

“Kita angkat lempah kuning di acara ini. Kenapa? Kalau di Thailand ada tom yam, dari selatan dan utara yang punya ciri khas dan populer, saya pikir lempah kuning yang jadi makanan favorit kita, harus kita populerkan,” kata Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Kepulauan Bangka Belitung, Djohan Riduan Hasan, saat membuka acara Bangka Belitung Food Festival, Kamis, 7 Desember 2017 di Citraland Botanical City.

Menurut Djohan, kekayaan khazanah kuliner harus digali potensinya supaya memiliki nilai jual. “Nantinya, orang melihat Bangka Beliung tak hanya pantainya saja,” ujarnya.

Pembukaan acara BBFF 2017 ditandai dengan pemukulan bedug yang dilakukan oleh Djohan Riduan Hasan bersama Kepala Dinas Pariwisata Babel Rivai, dan Ketua Pelaksana Wendo Irwanto.

20171207_111602_crop_900x600-01

Acara di hari pertama diisi dengan lomba lempah kuning yang diikuti 60 peserta yang mewakili restoran dan warung makan. Hadir sebagai juri, Chef Eddrian Tjhia dan Chef Desi Trisnawati.

Hari kedua akan diisi dengan lomba menyeduh kopi, dan di hari ketiga ada lomba membuat martabak.

DONNY FAHRUM

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda