BANGKATIMES.com, Belitung – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung selama tiga hari sejak Kamis hingga Sabtu, 8-10 Februari 2018, menggelar Natak Kampung di Kabupaten Belitung. Agenda pertama dalam Natak Kampung di Kabupaten Belitung ini adalah Pertemuan dengan Para Pelaku Wisata yang dilaksanakan di Hotel BW Suite, pada Kamis malam. Hadir para pelaku wisata diantaranya dari Travel Guide, Pengusaha Hotel, GIPI, ASPPI, ASITA, HPI, MPI, PUTRI, ASATI, PHRI, IHGMA, ISWB serta pelaku usaha pariwisata lainnya.

Dalam pertemuan itu, Gubernur Erzaldi Rosman menyampaikan bahwa untuk memajukan Bangka Belitung, perlu kerjasama, dan tak boleh kerja sendiri, dengan hebat sendirian.

“Kita tidak perlu menjadi seorang Superman, dengan menjadi hebat sendiri. Superman is dead. Tidak mungkin orang menjadi super sendiri, harus kerja tim. Berbicara dan membangun pariwisata, kita tak bisa sendiri-sendiri, harus bersama-sama,” ujarnya.

Gubernur juga menegaskan kalau akan membuat regulasi aturan terkait pariwisata. “Untuk itu semuanya harus kompak. dan kita akan buat regulasinya. Misalnya guide juga harus diatur, harus ada sertifkasi. Yang tak terdaftar tak boleh bawa wisatawan. Setiap guide punya kartu dan teregistrasi yang di lokasi yang dia kunjung. Guide juga harus ditrainning. Agar pengetahuan baik tentang kedaerahan maupun yang lain. Sehingga informasi yang diterima wisatawan seragam,” urai Gubernur.

Gubernur juga menekankan pentingnya kreatifitas untuk mengembangkan pariwisata. “Tidak akan berhasil kalau semua diserahkan ke pemerintah, kalau pelaku wisata tidak ada kreatifitas,” tukasnya.

Ditambahkannya, harus menjadi perhatian segenap pihak agar bisa membuat Pulau Belitung selalu ramai. “Salah satunya dengan membuat event, tapi tak bisa diserahkan dengan bupati atau gubernur saja karena dana terbatas. Tapi harus bersama sama membuat event,” pungkasnya.

Adapun agenda Gubernur dalam Natak Kampung pada Jumat 9 Februari 2018 diawali dengan Sholat Subuh berjamaah di Masjid Desa Tanjung Tinggi Kecamatan Sijuk, dilanjutkan dengan bersepeda keliling lokasi Tanjung Tinggi sembari meninjau area untuk Sport Ruang Terbuka Hijau, mengunjungi Museum Maritim Sijuk, Mengunjungi Pameran Usaha Kecil Menengah di Pendopo Tanjung Kelayang, Sholat Jum’at di Masjid Simpang Empat Sijuk, dan Pertemuan dengan Pengusaha Sawit Belitung di BW Suite Hotel.

DONNY FAHRUM

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda