Menari rampak si tuan putri
Ambil terasi kita ngelempah
Hari Jum’at penghulu hari
Mari diisi dengan sedekah
(Pantun Atok Kulop)

BANGKATIMES, PANGKALPINANG – “Ini menjadi inspirasi bagi kami,” begitulah yang terlontar dari mulut Tia Listari, mahasiswi jurusan Syariah Ekonomi Islam kala selesai mengikuti kegiatan Gerakan Jum’at Sedekah (GJS) Atok Kulop.

“Kegiatan ini sangat bagus dan benar-benar salut dengan konsistensinya setiap Jum’at rutin berbagi. Meski sebagai pengantar sedekah, tapi konsistensi, kebersamaan dan sinergi ini benar-benar menjadi inspirasi bagi kami. Saya kagum dan hari ini merasa beruntung bisa bergabung. Tadi benar-benar mengharukan kala saya berinteraksi langsung dengan pemulung, petugas kebersihan, mereka sangat antusias dan berterima kasih,” tambah cewek asal Kenanga ini.

Senada dengan Tia Listari, mahasiswa lain yakni Rizki Ramadhan pun mengungkaplah hal yang sama. “Saya baru kali ini ikut bergabung dalam kegiatan sosial GJS Atok Kulop. Salut dengan kegiatan ini, sederhana tapi menyentuh. Saya melihat para tahanan dalam sel dan ibu-ibu yang menunggu keluarganya yang lagi sakit di rumah sakit, mereka benar-benar berterima kasih atas kehadiran kita. Kegiatan yang dipelopori Bang Ahmadi Sopyan ini benar-benar menginspirasi anak-anak muda. Kedepannya kami harap bisa terus dilibatkan karena kegiatan seperti ini asyik sekali dan membuat kami semakin peka terhadap lingkungan sekitar,” ungkap cowok asal Kota Pangkalpinang ini.

IMG-20190208-WA0016

Ya, menjadi inspirasi berbagai komunitas dan organisasi, begitulah Gerakan Jum’at Sedekah (GJS) Atok Kulop yang dipelopori oleh Ahmadi Sopyan. Sejak berjalan rutin Gerakan berbagi 500 paket nasi kotak ini setiap hari Jum’at, ternyata saat di Bangka Belitung mulai bermunculan kegiatan yang sama dengan berbagi rutin seperti apa yang dilakukan oleh GJS Atok Kulop. Ada yang berbagi beras, berbagi makan siang, berbagi sembako dan lain sebagainya. Tak sedikit dari komunitas dan organisasi tersebut mengakui terinspirasi dari apa yang dilakukan oleh Ahmadi Sopyan dan kawan-kawan.

Menanggapi hal ini, Ahmadi Sopyan mengatakan bahwa kebaikan memang harus menular dan sangat bersyukur jika ternyata menjadi inspirasi. “Alhamdulillah, banyak organisasi atau komunitas yang menghubungi saya langsung, mereka menyebutkan bahwa terinspirasi dengan kegiatan kita dan ingin berbuat juga. Tentunya ini sangat baik dan kebaikan itu harus dilakukan bersama dan oleh siapapun. Bahkan sekarang banyak komunitas atau organisasi lain kegiatannya lebih baik dan bagus dari apa yang sudah kami lakukan ini,” ungkap anak muda kelahiran Desa Kemuja ini.

Ya, Gerakan Jum’at Sedekah (GJS) Atok Kulop adalah sebuah gerakan sosial inspiratif anak-anak muda milenial yang dipelopori Ahmadi Sopyan sejak lebih dari 2 tahun silam. Setiap hari Jum’at Tim GJS bersinergi dengan berbagai komunitas dan organisasi anak-anak muda lainnya keliling membagikan 500 paket nasi kotak ke berbagai tempat. Misalnya pada Pekan ke 98 ini (08-02-2019), tampak Tim GJS bersama mahasiswa membagikan nasi kotak hasil menghimpun dari para dermawan ke keluarga pasien di Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) pasien Rumah Sakit Bakti Wara, tahanan di Polda dan Polresta Pangkalpinang, kelompok Pemulung di kawasan Parit 6 Pangkalpinang, santri tahfiz Qur’an di Pondok Pesantren Hidayatullah Teru Bangka Tengah, petugas kebersihan di beberapa tempat, cleaning service di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Panti Asuhan Kristen RUTH, hingga orang gangguan kejiwaan di jalanan.

IMG-20190208-WA0015

Ahmadi Sopyan, selaku pencetus Gerakan Jum’at Sedekah (GJS) Atok Kulop ini sangat mengapresiasi atas banyaknya organisasi anak muda yang ingin dilibatkan dalam distribusi. “Alhamdulillah, generasi muda milenial selalu ingin dilibatkan dan mereka sangat antusias turut dalam kegiatan-kegiatan sosial. Ini memiliki nilai positif dan harapan besar bahwa negeri ini akan lebih baik kedepannya,” ungkap sosok yang kerap bermain video filosofi tentang kearifan lokal (Bangka Belitung) bersama Munir ini.

===============================
DAFTAR NAMA DERMAWAN GJS, Pekan ke-98 (08-02-2019):

1. UMAH UBI ATOK KULOP : 25 Kotak
2. Ahmadi Sopyan (Penulis Buku) : 78 Kotak
3. IPONG GROUP Pangkalpinang : 10 Kotak
4. PT. PULOMAS SENTOSA : 10 Kotak
5. Adi Kurniadi / Jidol (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 10 Kotak
6. Ibu Sri (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 25 Kotak
7. Abet Suhaian (PT. Yuneldo Berjaya) : 10 Kotak
8. Agung Yubi Utama (Kepala BKD Kota Pangkalpinang) : 20 Kotak
9. Hj. Zachria Subagyo (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 5 Kotak
10. Sumarno (MD. KAHMI Pangkalpinang) : 5 Kotak
11. (Alm) Kasdan & (Almh) Hj. Karmonah (Warga Demak Jateng) : 10 Kotak
12. Depati Amir Gandhi (Wakil Ketua DPRD Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
13. Diahrinti (DeLAUNDRY Pangkalpinang) : 5 Kotak
14. H. Yuli Darusman (Warga Graha Puri Pangkalpinang) : 25 Kotak
15. Ustadz H. Zuhri M. Syazali (Mantan Bupati Bangka Barat) : 5 Kotak
16. H. Yunan Helmi (SEKDA Bangka Barat) : 10 Kotak
17. Bambang Patijaya (Ketua DPP GEMABUDHI) : 10 Kotak
18. Zulkarnain Syamsuddin & Isteri (Warga Kota Pangkalpinang) : 10 Kotak
19. ARSEL TENDA Pangkalpinang : 5 Kotak
20. Lely Marulisari (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
21. Yulinda (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 5 Kotak
22. Yusmita (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
23. Devin Rulianto / Ato (Warga Graha Puri Pangkalpinang) : 10 Kotak
24. Muhammad Bilal (Mahasiswa ITS Surabaya) : 5 Kotak
25. Muhammad Ghifari (Siswa SMAN 1 Pangkalpinang) : 5 Kotak
26. Muhammad Thoriq (Siswa SMPN 2 Pangkalpinang) : 5 Kotak
27. BATIK KAMPUNG KATAK (Pangkalpinang) : 5 Kotak
28. Saparyani (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
29. Andi (Anggota DPRD Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
30. Hera Sulaiman (Warga Kota Pangkalpinang) : 25 Kotak
31. Kayla Annisa (Siswa SMPN 2 Pangkalpinang) : 10 Kotak
32. Hj. Fidah Hasan (Direktur PT. PBM) : 10 Kotak
33. Isti Damayanti (Tim Umah Ubi Atok Kulop) : 4 Kotak
34. Nazirin (Warga Desa Kemuja) : 4 Kotak
35. Nurhidayah (Tim Umah Ubi Atok Kulop) : 4 Kotak
36. Riska Safitri (Tim Umah Ubi Atok Kulop) : 4 Kotak
37. (Almh) Solbiah binti Abdul Salam : 4 Kotak
38. Misyatun Hasanah (Tim Umah Ubi Atok Kulop) : 2 Kotak
39. Muammar (Tim Umah Ubi Atok Kulop) : 10 Kotak
40. Volojuan (Warga Kota Pangkalpinang) : 100 Kotak

JUMLAH : 500 KOTAK

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda