Bawa kedik ke tengah hutan
Ada musang terbaring lunglai
Berbuat baik janganlah bosan
Setiap perbuatan memiliki nilai
(Pantun Atok Kulop)

BANGKATIMES, PANGKALPINANG – Ada hal yang patut disyukuri di era sekarang ini tumbuh berbagai komunitas atau organisasi yang bergerak di bidang sosial. Ini membuktikan bahwa kehidupan sosial masyarakat kita masih sangat menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Indonesia-an yakni peduli antar sesama.

Kegiatan sosial dilakukan tidak hanya disaat datang musibah atau di bulan suci Ramadhan, tapi juga bisa dilakukan setiap saat. Kepedulian itu akan menjadi lebih bernilai ketika dilakukan dengan istiqomah. Sederhana, kecil atau mungkin bagi sebagian orang tak bernilai, namun jika dilakukan dengan rutin justru menjadi inspirasi bagi orang lain. Hal ini nyata dilakukan oleh Gerakan Jum’at Sedekah (GJS) Atok Kulop yang dipelopori oleh Tokoh Muda Bangka Belitung, Ahmadi Sopyan.

GJS Atok Kulop ini sudah berjalan lebih dari 2 tahun, yakni sejak akhir tahun 2016 hingga saat ini. Anak-anak muda yang dikomandani oleh Ahmadi Sopyan ini membagikan 500 paket nasi kotak setiap menjelang sholat Jum’at di seputaran Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka dan Bangka Tengah.

“Sebetulnya kami ini hanya tukang himpun dan tukang bagi, sedangkan yang sedekah adalah masyarakat juga. Artinya ini berbagi dari seperadik kepada seperadik. Dari kami sendiri artinya tidak ada yang istimewa, kecuali hanya sebagai pejalin silaturrahim dan nasi kotak adalah wasilah (perantara)-nya,” ungkap Ahmadi Sopyan yang dikenal sebagai penulis.

IMG-20190111-WA0016

Karena nasi kotak dianggap sebagai wasilah silaturrahim antar seperadik, maka setiap paket nasi kotak ditempel stiker dengan nama-nama penyumbang. Hal ini diwajibkan oleh Team GJS agar antara yang memberi dan yang menerima saling mendo’akan. “Yang menyumbang sangat banyak dan dari berbagai kalangan, begitupula yang menerima,” ungkap Muammar, salah satu Team GJS.

Mereka yang menerima pun berterima kasih dan saling mendo’akan. Sambil menyeka keringat yang bercucuran diwajah, tampak para pemulung di kawasan TPA Parit Enam Pangkalpinang. “Terima kasih sekali, salam kami buat yang memberi ya. Semoga murah rezeki dan panjang umur. Kami senang banget karena setiap Jum’at diantar makan siang” ungkap salah satu diantara mereka. Begitupula yang terucap oleh Munzari (37 tahun), pengangkut sampah di TPA Parit 6 seketika wajahnya merona bahagia. “Alhamdulillah, ada rezeki. Semoga dermawan GJS ini terus bersedekah dan semakin baik rezekinya,” ujarnya seraya membaca nama di stiker nasi kotak.

Hari ini, Jum’at (11/01/2019) adalah Pekan ke-94 GJS Umah Ubi Atok Kulop berjalan. Dengan beberapa kendaraan operasional, terlihat Team GJS mendistribusikan paket nasi kotak ke beberapa tempat, seperti Panti Asuhan Kristen Ruth, Keluarga pasien di RS Bhakti Wara, RS Bhakti Timah, Pemulung di Parit 6, petugas kebersihan, tukang parkir, satpam, orang gangguan kejiwaan di jalanan, Tahanan di Polda Babel dan di Polres Kota Pangkalpinang, buruh atau kuli bangunan dan lain-lain. “Kita senang sekali dapat mendistribusikan ini, sehingga bisa belajar peduli,” ungkap Paisal, salah satu Team GJS.

IMG-20190111-WA0015

Sedangkan Muammar, selaku Koordinator Lapangan GJS menghimbau bahwa bagi masyarakat yang hendak menyumbang dapat langsung datang ke UMAH UBI ATOK KULOP yang beralamatkan di Citraland Botanical City Pangkalpinang atau dapat menghubungi kontak ke nomor: 081368693738. “Setiap nasi kotak insya Allah bermakna bagi yang member dan menerima. Semoga menjadi ladang amal kita semua. Sedangkan kami hanya tukang ngantar sekaligus tukang menyampaikan salam dari pemberi kepada penerima,” ungkap putra Pimpinan Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja, KH. Ahmad Hijazi Jemain, ini. (*)

========================
DAFTAR NAMA DERMAWAN GJS Pekan ke-94 (11-01-2019):

1. UMAH UBI ATOK KULOP : 25 Kotak
2. Ahmadi Sopyan (Penulis Buku) : 130 Kotak
3. IPONG GROUP Pangkalpinang : 10 Kotak
4. PT. PULOMAS SENTOSA : 10 Kotak
5. Adi Kurniadi / Jidol (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 10 Kotak
6. Ibu Sri (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 25 Kotak
7. Abet Suhaian (PT. Yuneldo Berjaya) : 10 Kotak
8. Agung Yubi Utama (Kepala BKD Kota Pangkalpinang) : 20 Kotak
9. Hj. Zachria Subagyo (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 5 Kotak
10. Sumarno (MD. KAHMI Pangkalpinang) : 5 Kotak
11. (Alm) Kasdan & (Almh) Hj. Karmonah (Warga Demak Jateng) : 10 Kotak
12. Depati Amir Gandhi (Wakil Ketua DPRD Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
13. Diahrinti (DeLAUNDRY Pangkalpinang) : 5 Kotak
14. H. Yuli Darusman (Warga Graha Puri Pangkalpinang) : 25 Kotak
15. Ustadz H. Zuhri M. Syazali (Mantan Bupati Bangka Barat) : 5 Kotak
16. H. Yunan Helmi (SEKDA Bangka Barat) : 10 Kotak
17. Bambang Patijaya (Ketua DPP GEMABUDHI) : 10 Kotak
18. Zulkarnain Syamsuddin & Isteri (Warga Kota Pangkalpinang) : 10 Kotak
19. ARSEL TENDA Pangkalpinang : 5 Kotak
20. Lely Marulisari (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
21. Yulinda (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 5 Kotak
22. Yusmita (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
23. Devin Rulianto / Ato (Warga Graha Puri Pangkalpinang) : 15 Kotak
24. Muhammad Bilal (Mahasiswa ITS Surabaya) : 5 Kotak
25. Muhammad Ghifari (Siswa SMAN 1 Pangkalpinang) : 5 Kotak
26. Muhammad Thoriq (Siswa SMPN 2 Pangkalpinang) : 5 Kotak
27. BATIK KAMPUNG KATAK (Pangkalpinang) : 5 Kotak
28. Saparyani (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
29. Andi (Anggota DPRD Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
30. Hj. Fidah Hasan (Direktur PT. PBM) : 10 Kotak
31. Muhammad Tamimi (Wartawan Rakyat Pos) : 5 Kotak
32. Ahdori (Tim UMAH UBI ATOK KULOP) : 5 Kotak
33. Volojuan (Warga Kota Pangkalpinang) : 100 Kotak

JUMLAH : 500 KOTAK

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda