Oleh: Donny Fahrum

PEKAN lalu, ketika sempat (kembali) ke Bandung selama tiga hari, ada pemandangan yg bagi saya menarik. Persis ketika melewati Terusan Jln Jakarta, Antapani.

Di situ, saya temukan Kong Djie. Tampilan plang namanya yg familiar, jelas tak membuat saya keliru. Benar, itu Kong Djie, warung kopi asal Belitong yg legendaris itu. Sayang nggak sempat memfoto, karena cuma lewat, nggak mampir.

Saya nggak tahu persis, apakah itu franchise ataukah ‘hanya’ semacam konsep Business Opportunity yang dikembangkan pemiliknya kepada mitra. Tapi yang pasti dan jelas, Kong Djie hadir di sana.

Nah, melihat adanya Kong Djie di Bandung, seketika saat itu entah kenapa perasaan saya jd bahagia. Bukan karena pengen ikutan ngopi di sana, tapi lebih pada tertular semangat melihat kesuksesan sebuah brand lokal yg bisa berekspansi. Kong Djie tak hanya sukses sebagai pemain lokal, tapi juga dilirik oleh pasar luar. Dan, belakangan saya dengar, ternyata Kong Djie juga hadir di beberapa kota lainnya di Indonesia.

Mulai berkibarnya brand Kong Djie di luar daerah, jelas menarik. Dari sisi pariwisata, ada semacam korelasi positif antara pariwisata Belitong yang sudah duluan ngetop dengan brand produk kulinernya. Kong Djie tak cuma ikut menikmati limpahan wisatawan, tapi ikut membantu menaikkkan citra pariwisata Belitong. Keberadaannya di luar, dapat menjadi semacam duta daerah ini di sana. Dalam hal ini, meski secara pribadi saya nggak kenal dengan pemilik Kong Djie, namun jempol layak diacungkan kepada mereka.

Penetrasi Kong Djie sebagai sebuah brand, juga sekaligus memberi makna spirit bagi brand-brand lokal lainnya di Bangka Belitung untuk ikut go nasional. Atau, paling tidak, bisa mampu bertahan di tengah gempuran berbagai brand global yang saat ini mengepung Bangka Belitung.

Kalau sudah begini, saya lantas teringat City & Bravo, dua brand lokal penguasa pangsa pasar minuman berkarbonasi di masa lalu, yang kini terpaksa menyerah. Keduanya tinggal kenangan, karena produknya takluk dari brand global. Juga, teringat kecap cap SS yang terpaksa harus kembali bangkit bergerilya, setelah beberapa waktu lalu ada insiden terhadap produknya.

Semoga dan semoga, City dan Bravo bisa reborn, kecap SS bisa bangkit. Demikian pula dengan banyak brand lokal kita lainnya. Semua harus bangkit & berjaya!

Salam! @DonnyRoem

======================

Ket: Ilustrasi foto: Istimewa

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda