BANGKATIMES.com, Pangkalpinang – Jembatan EMAS yang menghubungkan Kota Pangkalpinang dengan Kabupaten Bangka, akan terlihat makin keren dengan tata lampu berkelas. Demi suksesnya perhelatan Jazz on the Bridge – Bangka (JoBB) 2017, lampu sorot warna-warni yang nantinya akan menghiasi jembatan tersebut, mulai diujicoba.

Selanjutnya, setelah event yang berlangsung pada 29 – 30 Desember 2017 nanti, lampu hias akan terus terpasang sepanjang malam.

“Yang sekarang ini, hanya uji coba dulu, kemarin dan malam ini,” kata Ketua Panitia Pelaksana JoBB 2017, Nico Alpiandy, ketika ditemui di Pantai Koala, kawasan Jembatan EMAS, Minggu, 10 Desember 2017 malam. Maksud uji coba tersebut, dikatakannya untuk melihat posisi yang tepat dari tiap-tiap lampu yang dipasang. “Ini menggunakan lampu LED yang lebih hemat energi. Dari kesemua lampu ini butuh sekitar sebelas ribu watt, sekitar sepersepuluh kalau dibandingkan dengan menggunakan lampu biasa. Itu yang tadi saya dengar dari petugas pemasangnya,” ujarnya.

jembatan emas

Jembatan EMAS ketika berganti warna biru. Foto: Nico Alpiandy

Dari kejauhan, terlihat lampu tersebut berwarna-warni, dapat diatur berganti warna, sesuai dengan settingan yang diinginkan. Karena keberadaanya yang indah, tak heran, puluhan orang mendatangi lokasi Jembatan EMAS. “Tadi, kita juga beritahukan kepada komunitas multicopter untuk turut mengambil momen ujicoba ini,” kata Nico.

Ahmadi Sofyan, salah seorang penasehat event JoBB yang juga hadir saat uji coba lampu hias di Jembatan EMAS, mengatakan acara JoBB adalah murni ide dari Gubernur Erzaldi Rosman yang kemudian diterjemahkan oleh anak-anak muda dalam struktur kepanitiaan dengan menjadikan kawasan Jembatan EMAS sebagai area berkegiatan. “Jadi, ini bukan acaranya tepat di jalan. Tapi, Jembatan EMAS yang menjadi bacground dari panggung yang didirikan di Pantai Koala ini. Saat acara jazz berlangsung, jembatan akan terlihat jauh lebih indah karena sudah terpasang lampu sorot dan lampu hiasnya,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan menjadikan Jembatan EMAS sebagai latar belakang pemandangan panggung, akan menjadi daya tarik tersendiri dalam sebuah pagelaran event. “Jembatan EMAS ini, sudah ada. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan apa yang sudah dibangun oleh para pendahulu. Salah satu cara memanfaatkannya dengan membuat kegiatan di sekitar sini, dengan Jembatan EMAS menjadi ikon dan ini akan dimulai dengan Jazz on the Bridge. JoBB mengawali, memanfaatkan jembatan itu menjadi background jembatan, dan itu akan menjadi daya tarik pariwisata Bangka Belitung,” jelasnya.

Hadir dalam uji coba lampu di Jembatan EMAS itu, Staf Khusus Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Bambang Ari Satria, bersama musikus Lilo Kla Project.

Panggung JoBB 2017 akan menampilkan musisi Idang Rasjidi, Tompi, Fariz RM, dan Tompi. Juga akan tampil beberapa band lokal yang sebelumnya sudah melalui proses seleksi oleh panitia.

DONNY FAHRUM

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda