Kuraslah perigi di pinggir sawah
Diluar negeri adanya musim semi
Teruslah bersinergi dalam sedekah
Pekan ini kita berbagi bersama HMI
(Pantun Atok Kulop)

BANGKATIMES.com, PANGKALPINANG – Sinergitas membutuhkan keyakinan dan kepercayaan. Kerjasama dalam kebaikan adalah bagian dari nilai kearifan lokal yang diwarisi oleh para orangtua kita yang disebut gotong royong.

Bermuara dari pemikiran sederhana ini, GJS bersama Umah Ubi Atok Kulop terus bersinergi tiada henti, terutama dalam distribusi. Gerakan rutin dengan bersedekah nasi kotak ini ternyata menjadi inspirasi bagi generasi masa kini. Ahmadi Sofyan, selaku pencetus dan pelopor Gerakan Jum’at Sedekah (GJS) ini terus berinovasi dalam melakukan kegiatan.

IMG-20180112-WA0058

Setelah sebelumnya bersinergi dengan berbagai organisasi dan komunitas lain seperti LMS, KOHATI, KOSADA, ALOBI dan SMSI, maka pada Pekan ke-47 ini, GJS Atok Kulop bersinergi dalam mendistribusikan nasi kotak hasil menghimpun dari para dermawan dengan mengajak mahasiswa yang tergabung dalam organisasi ekstra kulikuler kampus, yakni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bangka Belitung.

Anja K Atmaja, Ketua Umum HMI Cabang Bangka Belitung mengungkapkan kebahagiaannya bisa turut andil dalam mendistribusikan nasi kotak bersama GJS Atok Kulop. “Saat turun langsung membagikan nasi kotak ini, ada perasaan haru dan bahagia, bagaimana tidak, haru dan bahagia melihat senyum tulus orang-orang yang menerima seraya berterima kasih dan berdo’a,” ungkap Anja disela-sela membagikan paket nasi kotak di jalanan dan rumah sakit.

Mahasiswa STAIN Syaikh Abdurrahman Siddiq Bangka Belitung ini menyebutkan bahwa kegiatan GJS ini sangat bermanfaat dan sebagai bentuk kepedulian sosial yang konsisten dan melatih generasi muda. Selain itu Anja K Atmaja juga berharap kegiatan seperti ini bisa menjadi program berkesinambungan karena sangat berdampak positif dan menggugah orang-orang untuk peduli.

IMG-20180112-WA0057

Sedangkan Ahmadi Sofyan selaku pencetus dan pelopor GJS ini mengungkapkan bahwa setelah merasa konsisten berjalan dalam gerakan sosial ini, ia memberanikan melibatkan organisasi/komunitas anak-anak muda di Bangka Belitung agar tumbuh semangat kebersamaan dan kepedulian antar sesama. “Bukan tanpa alasan saya melibatkan organisasi atau komunitas anak-anak muda, hal ini bertujuan agar tumbuh kepedulian antar sesama dengan melihat langsung seperadik kite yang bekerja kasar ditengah terik matahari dan hujan. Walaupun hanya sekotak nasi, tapi rasa terima kasih yang menerima luar biasa,” ungkap putra Desa Kemuja ini.

“Apalagi nasi kotak yang dihimpun dari para dermawan tersebut dibuat oleh Ibu-Ibu di Kampung Opas Pangkalpinang, tentunya ini memberikan manfaat bagi mereka dan pekerjaan rutin sehingga mereka pun walau sedikit insya Allah ada pemasukan,” tambah Ahmadi.

Memang diakui, GJS yang sudah terbentuk setahun yang lalu ini terus berkiprah langsung bersama masyarakat kecil. Sebagaimana pekan-pekan sebelumnya, pada pekan ke-47 ini, GJS membagikan 500 paket nasi kotak kepada: pemulung di kawasan Parit 6 Pangkalpinang, petugas kebersihan di sepanjang jalan, satpam, buruh, tukang parkir, orang gangguan kejiwaan dijalanan, keluarga pasien di Rumah Sakit Bhakti Timah, keluarga pasien di rumah sakit Katolik Bhakti Wara, keluarga pasien di RSUP Soekarno Air Anyir Bangka, tahanan dan penjaga di POLDA BABEL, tahanan dan penjaga di POLRESTA Pangkalpinang, Panti Asuhan Kristen RUTH, Panti Asuhan BINA HARAPAN ISLAM, Panti Asuhan Nur Rohmah, santri Tahfiz Hidayatullah Teru Bangka Tengah dan lain sebagainya.

“Semoga apa yang kita lakukan ini terus konsisten, karena memang kita sedang belajar istiqomah walau bentuknya sederhana dan kecil” ungkap Ahmadi Sofyan yang dikenal sebagai penulis buku dan tokoh pemuda Bangka Belitung ini.

Melalui media ini juga, Team GJS menyampaikan bahwa bagi dermawan yang hendak ikut memberikan sumbangsihnya, bisa langsung menghubungi team GJS di Umah Ubi Atok Kulop di Citraland Botanical City Pangkalpinang. Ya, tentuny sambil menikmati lempah kuning ikan baung, udang satang rampai ubi dan rebus ubi cecel sambel terasi serta berbagai menu tradisional khas kampung masyarakat Bangka lainnya. (*)

==============================
DAFTAR NAMA DERMAWAN GJS Pekan ke-47 (12-01-2018)

1. UMAH UBI ATOK KULOP : 20 Kotak
2. IPONG GROUP Pangkalpinang : 10 Kotak
3. SRIWIJAYA AIR Group : 10 Kotak
4. PT. PULOMAS SENTOSA : 10 Kotak
5. Hj. Melati Erzaldi (Isteri Gubernur Kep. Bangka Belitung) : 20 Kotak
6. Adi Kurniadi / Jidol (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 10 Kotak
7. AKBP. Sekar Maulana, SIK. (POLDA Babel) : 10 Kotak
8. Abet Suhaian (PT. Yuneldo Berjaya) : 10 Kotak
9. Ibu Sri (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 20 Kotak
10. Agung Yubi Utama (Kepala BKD Kota Pangkalpinang) : 10 Kotak
11. Hj. Zachria Subagyo (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 5 Kotak
12. Sumarno (MD. KAHMI Pangkalpinang) : 5 Kotak
13. Ahmadi Sofyan (Penulis Buku) : 20 Kotak
14. (Alm) Kasdan & (Almh) Hj. Karmonah (Warga Demak Jateng) : 10 Kotak
15. Saparyani (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
16. Pandega Mukti 83 Pangkalpinang : 5 Kotak
17. Depati Gandhi (Wakil Ketua DPRD Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
18. Diahrinti (DeLAUNDRY Pangkalpinang) : 5 Kotak
19. H. Yuli Darusman (Warga Graha Puri Pangkalpinang) : 25 Kotak
20. Ustadz H. Zuhri M. Syazali (Mantan Bupati Bangka Barat) : 5 Kotak
21. H. Yunan Helmi (SEKDA Bangka Barat) : 10 Kotak
22. Bambang Patijaya (Ketua Umum DPP GEMA BUDHI) : 10 Kotak
23. Zulkarnain Syamsuddin & Isteri (Warga Kota Pangkalpinang) : 10 Kotak
24. ARSEL TENDA Pangkalpinang : 5 Kotak
25. Lely Marulisari (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
26. Yulinda (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 5 Kotak
27. Devin Rulianto / Ato (Warga Graha Puri Pangkalpinang) : 10 Kotak
28. Kaila (Siswa SMPN 2 Pangkalpinang) : 10 Kotak
29. Zuristyo Firmadata (Ketua DPW NASDEM BABEL) : 20 Kotak
30. Marsup Amar (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
31. Syahrul Arsyat (Team UMAH UBI ATOK KULOP) : 5 Kotak
32. (Almh) Ny. Uing (Bogor) : 25 Kotak
33. Kurniawan Jumani, SH., Mkn. (Warga Kota Pangkalpinang) : 10 Kotak
34. Muhammad Bilal (Mahasiswa ITS Surabaya) : 5 Kotak
35. Muhammad Ghifari (Siswa SMAN 1 Pangkalpinang) : 5 Kotak
36. Muhammad Thoriq (Siswa SMPN 2 Pangkalpinang) : 5 Kotak
37. LATERASEE BISTRO Pangkalpinang : 10 Kotak
38. Suprapti (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
39. (Alm) H. Agus Syarif (Pangkalpinang) : 10 Kotak
40. BATIK KAMPUNG KATAK Pangkalpinang : 10 Kotak
41. Volojuan (Warga Kota Pangkalpinang) : 100 Kotak

JUMLAH : 500 KOTAK

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda