Membeli tenggiri untuk dilempah
Marilah dimakan ditengah hari
Terus bersinergi dalam sedekah
Jalin pertemanan jalin silaturrahmi
(Pantun Atok Kulop)

“SEDEKAH tak harus menunggu harta berlimpah”, begitulah tagline Gerakan Jum’at Sedekah (GJS) Atok Kulop sejak awal kegiatan ini berjalan. “Sedekah juga tak harus sendiri, tapi bersama-sama saling sinergi” begitupula tagline kala kegiatan yang kini sudah berlangsung lebih dari 2 tahun.

Di waktu yang terus berjalan, GJS Atok Kulop pun kian melaju. Pekan ini, Jum’at, 12 April 2019, GSJ Atok Kulop telah memasuki pekan ke-107.

Gerakan yang membagikan 500 paket nasi kotak setiap menjelang sholat Jum’at dengan menghimpun dari para dermawan ini, senantiasa bersinergi dengan berbagai komunitas/organisasi dalam proses distribusi. Ini sekaligus menjadi ciri khas GJS Atok Kulop.

DI pekan ke-107 ini, GJS menggandeng para mahasiswsi yang berhimpun dalam Korps HMW-wati (KOHATI) untuk turun langsung menghampiri para penerima nasi kota sumbangan para dermawan. Bersamaa mereka 500 paket nasi kotak itu didistribusikan ke beberapa tempat, antara lain: penjaga dan tahanan di POLDA dan POLRESTA Pangkalpinang, Petugas Kebersihan, Panti Asuhan Kristen RUTH, Panti Asuhan Bina Harapan Islam, Panti Asuhan Aisyiyah Muhammadiyah Pangkalpinang, Panti Asuhan Nur Rohmah, pemulung dan petugas kebersihan di TPA Parit 6, keluarga pasien di RS Bakti Wara, santri dan pengasuh di Pesantren Tahfidz Hidayatullah Teru, Jama’ah Jum’at Masjid Al-Mukarromah, Satpam, petugas parkir, orang gangguan kejiwaan di jalanan dan lain-lain.

Asma Siregar, salah seorang pengurus KOHATI merasakan kegembiraannya ketika bersama teman-temannya bisa dilibatkan kembali dalam proses pendistribusian nasi kotak GJS.

“Alhamdulillah kita diikutsertakan kembali dengan kegiatan ini, Sebelumnya saya ikut kegiatan ini, berbagi dengan saudara-saudara kita, namun ada sesuatu yang membuat saya berbeda pemikirannya pada GJS kali ini, saya kira selama ini yang didistribusikan hanya kepada saudara sesama, seiman, ternyata hari ini berbagi juga ke panti asuhan Kristen, dan ini setiap Jum’at, saya saja baru tahu. Semoga menjadi inspirasi bagi kita semua, terus berbagi kepada sesama, semoga yang bersedekah dilapangkan rezekinya, tim GJS diberi kekuatan, semoga komunitas yang berperan semakin banyak, dan kegiatan ini semakin meluas, sekali lagi terima kasih kepada GJS Atok Kulop yg kembali melibatkan kami,” tutur mahasiswi UBB Jurusan Akuntansi, ini.

107a
Adapun Andika, Kabid Diklat KOHATI, mengatakan dirinya yang baru pertama ikut dalam pendistribusian nasi kotak GJS, langsung merasakan suasana kekeluargaan yang kuat dan hangat, serta akrab bersama tim GJS Atok Kulop.

“”Ini pertama saya ikut kegiatan ini, rasa kekeluargaan yang kuat di tim ini, ada rasa kebanggaan tersendiri ketika bisa berbagi meski hanya sebagai pengantar. Kegiatan ini sangat luar biasa meningkatkan keinginan untuk bersedekah,. Meski mendung, dan tadi sedikit hujan, tetap semangat berbagi kepada yang menerima. Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi bagi komunitas lain, tidak hanya di Pangkalpinang, tidak hanya di Bangka Belitung. Semangat berbagi dimulai dari yg terkecil,” tutur mahasiswi IAIN SAS Babel, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, tersebut.

107b

Sebagai tukang himpun, tukang antar, tukang salur sedekah dari para dermawan, tentunya kewajiban bagi tim GJS untuk melaporkan kepada publik sebagai bentuk transparansi, baik via WhatsApp, WAG, instagram, media online (Bangkatimes), maupun media cetak (harian Babel Pos, setiap hari Sabtu) untuk terus belajar amanah.

“Terima kasih kepada para dermawan yang telah bersedekah. Semoga kita semua amanah, istiqomah dan husnul khotimah,” kata Ahmadi Sopyan, penggagas GJS Atok Kulop. Salam KOHATI! Salam ATOK KULOP! (*)

==================================================

DAFTAR DERMAWAN GJS PEKAN KE 107 (12 April 2019):

1. UMAH UBI ATOK KULOP : 25 Kotak
2. Ahmadi Sofyan (Penulis Buku) : 105 Kotak
3. IPONG GROUP Pangkalpinang : 10 Kotak
4. PT. PULOMAS SENTOSA : 10 Kotak
5. Adi Kurniadi/Jidol (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 10 Kotak
6. Ibu Sri (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 25 Kotak
7.Agung Yubi Utama (Kepala BKD Kota Pangkalpinang) : 10 Kotak
8. Abet Suhaian (PT. YUNELDO BERJAYA) : 10 Kotak
9. Hj. Zachria Subagyo (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 5 Kotak
10. Sumarno (MD KAHMI Pangkalpinang) : 5 Kotak
11. (Alm) Kasdan & (Almh) Hj. Karmonah (Demak Jateng) : 10 Kotak
12. Depati Gandi (Wakil Ketua DPRD Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
13. Diahrinti (DeLAUNDRY Pangkalpinang) : 5 Kotak
14. H. Yuli Darusman (Warga Graha Puri Pangkalpinang) : 25 Kotak
15. Ustadz H. Zuhri M Syazali (Mantan Bupati Bangka Barat) : 5 Kotak
16. H. Yunan Helmi (SEKDA Bangka Barat) : 10 Kotak
17. Bambang Patijaya (Ketum DPP GEMA BUDHI) : 10 Kotak
18. H. Zulkarnain Syamsuddin & Isteri (Warga Kota Pangkalpinang) : 10 Kotak
19. ARSEL TENDA (Pangkalpinang) : 5 Kotak
20. Lely Marulisari (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
21. Yulinda (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 5 Kotak
22. Yusmita (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
23. Devin Rulianto/Ato (Warga Graha Puri Pangkalpinang) : 10 Kotak
24. Muhammad Bilal (Mahasiswa ITS) : 5 Kotak
25. Muhammad Ghifari (Siswa SMAN 1 Pangkalpinang) : 5 Kotak
26. Muhammad Thoriq (Siswa SMPN 2 Pangkalpinang) : 5 Kotak
27. BATIK KAMPUNG KATAK (Pangkalpinang) : 5 Kotak
28. Saparyani (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
29. Andi (Anggota DPRD Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
30. Hera Sulaiman (Warga Kota Pangkalpinang) : 25 Kotak
31. Kayla Annisa (Siswa SMPN 2 Pangkalpinang) : 10 Kotak
32. Muhammad Tamimi (Wartawan RAKYAT POS) : 5 Kotak
33. Ahdori (Tim Umah Ubi Atok Kulop) : 5 Kotak
34. Volojuan (Warga Kota Pangkalpinang) : 100 Kotak

JUMLAH : 500 KOTAK

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda