BANGKATIMES, PANGKALPINANG – Majelis hakim Pengadilan Negeri Pangkalpinang menjatuhkan pidana hukuman satu bulan dengan masa percobaan tiga bulan, bagi terdakwa Desy Haumahu. Desy dihadirkan ke muka persidangan, setelah mencoba melakukan pencurian di minimarket Apri Mart. Kasus ini menjadi sorotan publik, setelah video penganiayaan kepadanya yang dilakukan oleh pemilik minimarket viral di media sosial.

Iwan Gunawan, hakim tunggal dalam persidangan tindak pidana ringan yang berlangsung Jumat, 13 Juli 2018, berpendapat terdakwa Desy memenuhi unsur pidana pasal 364 yang menginduk pada pasal 362 KUHP.

“Pasal pencurian ini terpenuhi. Tapi pidana satu bulan tersebut tidak perlu dijalankan, dengan masa percobaan 3 bulan,” kata Iwan, ketika ditemui usai persidangan.

Vonis hukuman percobaan dijatuhkan, menurut Iwan dengan pertimbangan terdakwa belum menikmati hasil perbuatannya. “Dalam perkara ini, dia juga sudah dianiaya. Sampai viral,” kata Iwan.

Dengan vonis hukuman percobaan ini, dikatakan Iwan, terdakwa Desy harus segera bebas. “Pidananya baru berlaku, kalau dalam waktu hingga tiga bulan ke depan, terdakwa melakukan kejahatan lagi,” ujar Iwan.

DONNY FAHRUM

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda