BANGKATIMES.com, Sungailiat – Kuliner menjadi salah satu unsur penting bagi majunya pariwisata suatu daerah. Karena itu, sisi kualitas, amenitas dan sumber daya manusia, terutama dari restoran yang menyajikannya tak cukup cuma terjaga, tapi juga harus terus meningkat.

Ketua Umum Badan Pengurus Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (BPD PHRI) Kepulauan Bangka Belitung, Bambang Patijaya meski secara khusus mengapresiasi atas hadirnya beberapa restoran yang menonjol dengan ciri khasnya. Namun, di sisi lain dia mewanti agar tak cepat puas.

“Di Bangka dan Belitung ada beberapa restoran yang bagus. Itu harus terjaga, dengan makin bagus. Jangan sampai karena leading sendirian, jadi lupa pada kualitasnya,” kata Bambang Patijaya, di acara Rakerda PHRI Babel yang berlangsung Rabu, 14 Maret 2018, di Tanjung Pesona Beach Resort, Sungailiat, Bangka.

Karena itu, menurut pengusaha yang kerap disapa BPJ ini, hadirnya kompetitor justru menjadi suatu hal yang penting dalam bersaing secara sehat demi peningkatan kualitas.

“Persaingan demi kualitas, itu bagus. Agar kualitas restoran kita tidak berpuas diri dengan begitu-begitu saja,” tuturnya.

Tak cuma soal kualitas, BPJ menekankan juga pada sisi amenitas atau sarana pada restoran tersebut. “Tentu amenitas juga penting. Dan tak kalah pentingnya adalah peningkatan sumber daya manusianya sebagai insan yang bersentuhan langsung dengan bisnis restoran tersebut. SDM kita harus terus meningkat,” imbuhnya.

DONNY FAHRUM

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda