Oleh : AHMADI SOFYAN (Penulis Buku / Pemerhati Sosial)

BANG Azhar Romli, adalah sosok yang tidak banyak bicara, tak pernah koar-koar apalagi membicarakan keburukan orang lain. Beliau adalah politikus gaek yang walaupun beberapa periode menjadi pejabat di Senayan, namun Alhamdulillah tidak pernah berperkara hukum.

ARLOJI di tangan menunjukkan 22.00 WIB, saya membuka handphone yang kebetulan sedang dipindahkan file-nya ke laptop, sehingga tidak membaca banyak pesan yang masuk. Ketika membuka handhpone, ternyata ada berita yang sangat mengejutkan, anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Azhar Romli, meninggal dunia.

Spontan saya mengecek kebenaran berita tersebut dan ternyata benar. Laptop yang masih menyala membuat saya langsung merangkai kata dan mengingatkan banyak hal tentang sosok Azhar Romli yang saya kenal walaupun tidak terlalu dekat.

Azhar Romli, tokoh gaek Bangka Belitung ini beberapa periode berkantor di Senayan, periode terakhir ini ia menggantikan posisi Basuki Tjahja Purnama (Ahok) yang mencalonkan Wakil Gubernur DKI berpasangan Joko Widodo. Laki-laki kelahiran Desa Sempan Kabupaten Bangka, 7 Mei 1955 ini dikenal cukup lugas, trengginas dan bernas dalam berpolitik di Kepulauan Bangka Belitung. Tak banyak bicara dan tak berkoar-koar adalah salah satu karakter politikus handal, dan itu ternyata ada di Bang Azhar Romli.

Walaupun tidak terlalu dekat secara fisik, tapi saya merasa cukup dekat secara emosional bahkan berkomunikasi langsung dengan Azhar. Apalagi sekretaris pribadi beliau sekaligus staf ahlinya adalah sahabat karib saya selama sekolah di Madrasah Tsanawiyah di Kemuja, yaitu H. Azhar Baihaqi, Lc.

Bang Azhar yang saya kenal adalah sosok yang tidak neko-neko, tak banyak gaya juga tak banyak bicara, apalagi koar-koar membicarakan keburukan orang lain. Karakternya lebih banyak diam ketimbang mengumbar kata, baik langsung maupun di media, apalagi di media sosial. Saya banyak dalam satu WA Group dengan Bang Azhar, jarang sekali beliau memberikan komentar yang tak penting. Hanya sesekali beliau mengirim fhoto atau berkomentar, selanjutnya beliau lebih banyak menyimak.

 “Bang Azhar” begitulah biasanya kami memanggil beliau sebagai karakter sesama alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Sesama mahasiswanya, Bang Azhar menjabat sebagai Sekretaris HMI di Jakarta. Sesama KAHMI (Korps Alumni HMI), Bang Azhar bisa dikatakan sangat aktif membina para juniornya. Berulangkali beliau mengisi acara HMI dan KAHMI, bahkan terakhir kali adalah beliau bersama Komisi IV DPR RI membuat acara dadakan silaturrahmi KAHMI Bangka Belitung dengan para senior KAHMI seperti Viva Yoga dan lain-lain bertempat di resto saya, Umah Ubi Atok Kulop dikawasan Citraland Botanical City. Berulangkali beliau mampir baik bersama isteri, maupun kawan-kawannya, menikmati lempah kuning di resto ini.

Azhar Romli adalah sosok yang banyak mengunjungi desa-desa di Bangka Belitung kala ia pulang atau reses. Wajahnya sudah sangat tidak asing lagi bagi masyarakat Negeri Serumpun Sebalai. Satu hal yang saya kagumi dengan beliau adalah aktif cinta lingkungan atau penghijauan. Beberapa kali saya ditelpon langsung oleh beliau guna berbicara tentang lingkungan dan penghijauan. Keaktifan Azhar Romli dalam masalah lingkungan membuat  beliau bersedia kala saya ajak untuk bersama-sama dengan beberapa tokoh lainnya untuk mendirikan Yayasan yang bergerak dalam bidang penghijauan yang kami beri nama Yayasan Gunung Mangkol Lestari.

Tidak sekedar sebagai pendiri yang sekedar tempel nama, tapi beliau cukup aktif dan beberapa kali naik ke Gunung Mangkol. Begitupula ketika beberapa kali penghijauan bersama Danrem di wilayah Bangka Tengah dan beberapa tempat lainnya.

Bang Azhar adalah tokoh beberapa zaman di Kepulauan Bangka Belitung. Beliau aktif diberbagai organisasi semenjak menjadi mahasiswa, aktif di HMI, KAHMI, KNPI, AMPI, KOSGORO, baik daerah maupun di pusat.

***

SELAMAT jalan Bang Azhar. Banyak sudah yang abang lakukan untuk negeri ini. Semoga semua menjadi amal ibadah yang menerangi kubur dan kehidupan abang di alam baka. Abang adalah salah satu kader terbaik Bangka Belitung, kader terbaik HMI, kader terbaik partai Golkar dimana abang bernaung untuk berpolitik.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT, beberapa periode Bang Azhar Romli berpolitik dan duduk sebagai Anggota DPR RI, namun tidak pernah tersangkut kasus atau perkara hukum. Kami bersyukur sekaligus banyak belajar dari sosok Bang Azhar.

Ya Allah, terangkanlah kuburnya, jadikanlah seluruh perjalanan hidupnya adalah ibadah, berikanlah kemudahan bagi Abang kami ini. Kami adalah saksi kerendahan hati dan kebaikan serta kepedulian beliau terhadap negeri ini.

Salam Duka! (*)

Ahmadi Sofyan baru

AHMADI SOFYAN

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda