BANGKATIMES, PANGKALPINANG – PT Semen Baturaja (SMBR) (Persero) Tbk akan menyuplai kebutuhan semen untuk proyek pembangunan di lingkungan PT Timah Tbk. Kerja sama kedua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terjalin selama tiga tahun tersebut dituangkan dalam dalam Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandantangani langsung oleh Direktur Utama (Dirut) SMBR Rahmad Pribadi, dengan Dirut PT Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Tabrani.

“Kerja sama juga dilakukan di ranah transportasi air dan di bidang pengembangan usaha atau bisnis. Kami juga akan terus menjajaki kerja sama lain yang dipandang perlu dalam rangka sinergi BUMN,” ujar Direktur Utama PT SMBR Rahmat Pribadi usai penandatanganan MoU di Graha Timah Pangkalpinang, Jumat Malam, 14 September 2018.

Rahmad mengutarakan BUMN yang dipimpinnya selama setahun terakhir memproduksi semen Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe I, Portland Composite Cement (PCC) serta tipe semen lainnya dari tiga lokasi pabrik yaitu di Lampung, Baturaja dan Palembang.

“Saat ini SMBR semakin mengukuhkan diri untuk terus menjadi market leader di wilayah Sumatra Bagian Selatan dan Tengah. Ke depan, manajemen memiliki target untuk menjadi market leader di Pulau Sumatra maupun nantinya di Indonesia,” ujar dia.

Pertumbuhan konsumsi semen di Sumatra yang menurut Rahmad mencapai 5-8 persen, mampu dilampaui Semen Baturaja yang hingga saat ini bisa tumbuh hingga 12 persen.

“Sehingga kami masih memiliki peluang yang sangat besar untuk terus menjadi Green Cement Based Building Material Company terdepan di Indonesia,” katanya.

Rahmad menyampaikan SMBR tengah melakukan penetrasi untuk memasuki wilayah pasar baru, terutama di Bangka Belitung dan sekitarnya. Hal itu tercermin dalam Quick Win Initiatives atau Inisiatif Tiga Gajah yang telah dicanangkan oleh manajemen SMBR sebagai langkah strategis untuk mencapai semua target.

Salah satunya adalah dengan adanya berbagai sinergi BUMN yang merupakan bagian yang sangat penting dalam Inisiatif Tiga Gajah,” ujar dia.

Menurut Rahmad, penandatanganan Nota Kesepahaman adalah komitmen awal dalam rangka mewujudkan kerja sama yang saling menguntungkan dan mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan dengan tetap memperhatikan prinsip Good Corporate Governance (GCG).

“SMBR adalah produsen semen milik negara. Salah satu tugas utamanya adalah menjamin kelancaran ketersediaan semen di berbagai wilayah di Indonesia, khususnya di Sumatera Bagian Selatan. Diharapkan kerja sama ini dapat menjamin kelancaran operasional masing-masing perusahaan,” ujar dia.

Kerja Sama Transportasi, kata Rahmat, pihaknya juga menandatangi Nota Kesepahaman tentang kerja sama Transportasi Logistik antara SMBR dengan PT. Pos Logistik Indonesia (Poslog) dan PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra).

“SMBR akan menyuplai semen untuk proyek pembangunan di lingkungan Poslog dan TelkomMetra. Sesuai nota kesepahaman kerja sama juga akan dilakukan dalam transportasi logisitik, termasuk penyediaan sistem digital platformnya. Dalam pengembangan usaha/bisnis, ketiga perusahaan juga menjalin kerja sama,” katanya.

Direktur Utama PT Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Tabrani mengatakan pihaknya menyambut baik kerja sama dengan PT Semen Baturaja dan segera akan membahas langkah kongkrit kerja sama seperti yang tertuang dalam nota kesepahaman.

“Sinergi antar BUMN ini penting dalam upaya meningkatkan kinerja. Tadi sudah ditandatangani MoU-nya. Ini akan kita bahas untuk menentukan langkah kongkrit apa yang akan kita laksanakan dalam waktu dekat,” ujar dia.

Riza Pahlevi menambahkan kerja sama yang terjalin antara PT Timah dengan PT Semen Baturaja diharapkan bisa memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak sekaligus membantu mempercepat pembangunan di Bangka Belitung.

“Nanti kita akan menggunakan produk dari PT Semen Baturaja dalam pembangunan yang ada di PT Timah. Begitu juga dengan PT Semen Baturaja yang akan menggunakan produk yang diproduksi atau dihasilkan PT Timah,” ujar dia.

SERVIO MARANDA

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda