BANGKATIMES, PANGKALPINANG – Ketua KONI Kepulauan Bangka Belitung Elfandi Muchtar Akib ingin laju perkembangan olahraga di provinsi ini lebih dinamis. Pembinaan harus berkesinambungan dan terpola. Tidak lagi terkesan stagnan.

Dikatakan Elfandi, selama ini induk organisasi olahraga terbilang hanya aktif terlihat ramai-ramai bekerja selama masa Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). Hal itu menimbulkan masalah pembinaan, karena Porprov yang empat tahun sekali.

“Ini stagnan. Ada masa tiga tahun itu hilang, yang terkesan organisasi olahraga hanya ngurus stempel dan tandatangan saja,” kata Elfandi, Jumat, 16 November 2018, ketika membuka rapat koordinasi KONI Babel di Balitung Resort, Pangkalpinang.

Karena itu, Elfandi mengajak pengurus organisasi olahraga untuk mencari formulasi terbaik bagi perkembangan olahraga di Bangka Belitung. “Kebijakan rapat kita hari ini bisa dijadikan acuan bersama. Akan menjadi acuan dalam pembinaan olahraga beberapa tahun ke depan. Para peserta memberi ide-ide terbaik,” ujarnya.

Hal yang menjadi tantangan ke depan, dikatakannya adalah kemungkinan berubahnya masa penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional dari empat tahun sekali, menjadi tiap dua tahun. “Kalau kebijakan level nasional itu benar diterapkan, kita bisa kelabakan,” ujarnya.

Untuk itu, Elfandi mengusulkan, tiap cabang olahraga prestasi di Babel, ada semacam penyelenggaraan tingkat provinsi yang rutin dan berkala.

Di rapat koordinasi KONI Babel, juga membahas tentang kesiapan penyelenggaraan Porprov V di Bangka Tengah yang akan berlangsung beberapa hari ke depan. Juga, berisi agenda penetapan tuan rumah Porprov VI 2022 mendatang.

DONNY FAHRUM

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda