TANGGAL di kalender sudah beranjak menuju fase akhir di bulan Maret 2017. Ini berarti, sudah hampir tiga bulan tahun Ayam Api ini kita masuki. Semangat yang menggebu untuk menjalani resolusi yang dibuat saat awal tahun baru lalu, bisa saja sudah mengendur. Nah, di sini laman Cool Things BANGKAtimes ingin mengetahui apa saja hal yang membuat diri Anda selalu bersemangat untuk mewujudkan resolusi di sepanjang tahun.

Kali ini, kita menemui Brigadir Lusiana. Polwan yang bertugas sebagai Sespri Dir Intelkam Polda Kepulauan Bangka Belitung ini, terbilang sarat prestasi. Pernah dinobatkan sebagai Ibu Muda Berprestasi tahun 2012 lalu, kini namanya tercatat sebagai salah satu nominee Anggota Polri Berprestasi 2017 Bidang Sosial Budaya dan Politik, yang diusulkan Polda Babel ke Mabes Polri.

Brigadir Lusi menyebutkan resolusi bukan hal yang asing bagi dirinya. Mahasiswi program magister di Universitas Terbuka itu, mengaku sudah terbiasa membuat resolusi di tiap awal tahun, bahkan sejak masih duduk di kelas satu SMP. “Saya pribadi membagi resolusi tersebut menjadi resolusi jangka pendek dan resolusi jangka panjang. Bahkan hingga saat ini saya tetap punya resolusi,” ujar dia, Jumat 17 Maret 2017 sore, ketika berbincang santai di Umah Ubi Atok Kulop, kawasan Citraland Botanical City, Pangkalpinang.

Brigadir Lusiana.

Brigadir Lusiana.

Dia yang mengatakan pada tahun ini punya beberapa resolusi yang harus digapai, memasang tulisan di status pesan WhatsApp dengan tulisan “I’m Possible” dan memasang foto-foto yang menjadi penyemangat diri sendiri dalam foto profil media sosial lainnya seperti di Facebook. “Ini cara saya agar jangan sampai lelah untuk berusaha menggapai resolusi,” ujarnya.

Selain itu, ibunda dari bocah perempuan Naifah Celesta Kurniawan dan sedang menantikan kelahiran anak keduanya, juga tak lupa melibatkan Tuhan dalam usahanya mencapai apa yang dicita-citakan. “Saya sebutkan resolusi tersebut dalam sujud terakhir dalam sholat, berdoa dan meminta pada Allah agar dipermudahkan jalannya dan tercapai dalam menggapai resolusi tersebut,” ungkap isteri Brigadir Fikri Kurniawan, itu.

Untuk tips lainnya, Brigadir Lusi yang tercatat sebagai salah satu pengurus aktif DPD KNPI Babel ini, memberi rincian bocoran cara untuk bersemangat menggapai resolusi, sebagai berikut:

  • Menetapkan keyakinan bahwa resolusi tersebut akan tercapai dengan menyusun strategi dalam mencapainya “saya pasti bisa”. Dan, tiap akhir pekan menganalisa dan mengevaluasi pencapaiannya.
  • Melibatkan resolusi tersebut untuk membahagiakan orang disekitar kita agar kita merasa punya hutang dan tanggung jawab untuk mencapainya. Misalnya jadikan orang tua, anak, keluarga dan sahabat menjadi motivasi untuk mencapai resolusi agar mereka ikut berbahagia dengan capaian yang kita raih.
  • Menikmati setiap proses dalam mencapai resolusi, naik turun semangat merupakan hal yang biasa namun harus cepat bangkit dengan mengingat prinsip ‘Saya harus bisa demi mereka (orang-orang yang saya cintai dan sayangi)’. Jadi lakukan secara santai namun tetap fokus step by step.
  • Resolusi tersebut harus segera dilaksanakan, jangan menunda. Jika dihinggap rasa malas maka ingat pepatah “Berakit-rakit ke hulu berenang renang ketepian” .
  • Jadikan ejekan dan cibiran orang lain sebagai motivasi untuk mencapai resolusi agar mereka terdiam saat kita mencapai puncak kesuksesan.
  • Memberi reward kepada diri sendiri apabila resolusi tersebut tercapai, misalnya dengan melakukan hal-hal yang membuat diri bahagia misalnya dengan membelikan jam tangan untuk kenang-kenangan capaian resolusi.
  • Mendoakan orang lain agar resolusinya tercapai, karena saya percaya bahwa apabila kita mendoakan kesuksesan untuk oramg lain maka malaikat akan mendoakan dan memohon kebaikan yang lebih untuk kita pada Allah SWT.

By the way…, resolusi apa sih yang mau dicapai Brigadir Lusi. “Tahun ini saya harus menabung agar punya HP yang cocok untuk menunjang pekerjaan saya, jadi bukan sekedar untuk gaya hidup. 2 tahun lagi saya harus selesaikan pendidikan S2 dengan nilai cum laude. Setelah itu saya harus ikut pendidikan kejuruan. Saya harus tetap aktif dalam organisasi sosial dan kepemudaan yang sudah menjadi hobi saya. Juga mencapai suatu penghargaan dalam institusi tempat saya mengabdi dan bekerja. Dan, resolusi jangka panjang yaitu 3 tahun lagi saya harus melaksanakan ibadah umroh dan 5 tahun lagi saya harus melaksanakan ibadah haji. 5 atau 6 tahun lagi saya harus siap-siap untuk ikut tes Sekolah Inspektur Polisi,” ungkapnya, dengan nada suara tegas.

Well…, untuk Anda pembaca setia laman Cool Things BANGKAtimes, cara apa yang Anda pakai agar semangat tetap on fire mewujudkan resolusi. Mau ikuti tips-nya Brigadir Lusi, atau malah punya cara kreatif yang lain? Apapun itu, always remember to make all your resolutions come true.

Salam BANGKAtimes! Your news, your time, your way….

DONNY FAHRUM

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda