BANGKATIMES, Sungailiat – Kabupaten Bangka yang memiliki segudang Keindahan Alam dan memiliki banyak potensi tempat wisata. Untuk pengelolaan potensinya sampai ke tingkat desa diperlukan wadah/organisasi dari masyarakat berupa Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS).

Pokdarwis menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengelola potensi desanya agar menumbuhkan ide kreatif serta inovatif dalam mengambangkan nilai jual tempat wisata setempat.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Drs. Asep Setiawan saat ditemui di ruangannya, Rabu, 18 April 2018.

Asep Setiawan menuturkan dengan adanya Pokdarwis di Desa/Kelurahan yang memiliki potensi tempat wisata maka diharapkan mereka akan membantu mempromosikan ke publik yakni dengan implementasi bahwa Pokdarwis ini mampu memandu wisatawan yang datang.

“Kita harapkan dengan adanya Kelompok Sadar Wisata ini bisa membuat Kabupaten Bangka mendatangkan calon Wisatawan Domestik maupun Internasional, apalagi sekarang lebih mudah mempublikasian informasi apapun melalui media sosial dan keberadaan mereka juga sangat membantu para wisatawan yang berkunjung dikarenakan mereka mengetahui medan-medan mana yang berpotensi memiliki nilai jual di Desa mereka,” harap Asep Setiawan.

Selanjutnya Asep Setiawan menambahkan bahwa Masyarakat dalam hal ini menjadi bagian penting karena memiliki peran turun langsung sebagai orang yang lebih mengenal dan lebih dekat antara lain dengan potensi alam, kelestarian lingkungan, budaya, adat, dan tradisi yang merupakan hal unik bagi setiap desa maupun wilayah.

“Masyarakat adalah peranan penting dalam hal ini karena mereka lebih lenih mengenal medan serta potensi alam sekitar dan masyarakat yang memiliki tradisi berbeda tentu akan mempunyai aturan yang berbeda pula dalam hal ini kita ambil contoh seperti larangan memetik tumbuhan didaerah mereka yang kemudian disampaikan kepada Wisatawan yang mereka pandu,” jelas Asep Setiawan.

PEMKAB BANGKA

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda