BANGKATIMES.com, Sungailiat – Shofi Latifah Nuha, remaja asal Sungailiat, Kabupaten Bangka, menunjukkan prestasi tinggi. Hasil karya pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja 2016 itu, diabadikan sutradara Laura Nix dalam film dokumenter ‘Inventing Tomorrow’.

Saat ini, film tersebut masuk dalam seksi dokumenter Sundance Film Festival yang sedang berlangsung di Utah, Amerika Serikat, 18-28 Januari 2018.

Shofi sendiri terbang ke Utah, Amerika Serikat, untuk bergabung dengan para remaja berprestasi lainnya di ajang film tersebut. Dari tiga belas ribu karya dari seluruh dunia yang masuk ke panitia, hasil karya Shofi menjadi salah satu yang terbaik.

Film ‘Inventing Tomorrow’ bercerita tentang Shofi yang resah dengan pencemaran lingkungan karena timah. Lalu menemukan invensi filter pasir Bangka untuk mengurangi pencemaran. Penemuannya ini membuatnya terpilih mewakili Indonesia di Intel ISEF 2017 di Los Angeles.

IMG-20180121-WA0031

Atas prestasinya, banyak yang bertanya siapa sih Shofi Latifah Nuha. Setelah ditelusuri, Shofi adalah alumni SMA Negeri 1 Sungailiat yang saat ini sedang menempuh pendidikan di jurusan Teknik Lingkungan, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Remaja putri ini ternyata adalah anak pasangan Ustadz Fadhillah Sabri – Reniati, yang tinggal di Kompleks Pemda, Sungailiat, Bangka.

Ketika dihubungi, Ustadz Fadhillah menyatakan bahagia dan rasa syukurnya atas prestasi yang diperlihatkan putri tertuanya tersebut.

“Alhamdulillah, dia melampaui torehan prestasi saya dan Umminya (ibunya -red) di saat seusia dia. Sebagai orang tua tentunya kita bersyukur, ketika anak bisa membawa nama baik orang tua, keluarga, dan bangsa,” ujar Ustadz Fadhillah ketika dihubungi Minggu, 21 Januari 2018 pagi.

Menariknya, Shofi tak ingin menyimpan sendiri motivasi dan energi berprestasinya. Melalui orang tuanya, Shofi berjanji sepulang dari Amerika di beberapa hari ke depan, dia akan berbagi cerita dan tentang apa saja yang membuat dirinya bisa berprestasi kepada pelajar dan mahasiswa seusianya dalam sebuah pertemuan.

“Semoga makin banyak anak-anak muda kita di Bangka yang tertular motivasinya untuk berprestasi,” ujar Ustadz Fadhillah.

DONNY FAHRUM

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda