BANGKATIMES.com, Paris – Momen kejuaraan dunia Motocross Grand Prix (MXGP) yang menjadikan Pangkalpinang sebagai tuan rumah untuk kali kedua, tak boleh dilewatkan begitu saja. Turis dari luar negeri harus didorong untuk makin banyak bertandang ke Bangka Belitung. Tak cuma oleh pemerintah daerah, usaha menjadikan Babel sebagai magnet destinasi wisata, digencarkan juga oleh kalangan swasta.

Terbaru, dua pegiat pariwisata, Wendo Irwanto selaku Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Babel, dan Sansan Arya Lukman yang menjabat Ketua Asosiasi Sales Travel Indonesia (ASATI) Babel, berusaha mendatangkan banyak turis Eropa di saat perhelatan MXGP dan sesudahnya.

Titik promosi yang dituju pertama adalah Paris, Prancis. Informasi dari kantor perwakilan Visit Indonesia Tourism Office (VITO) Paris, yang dikunjungi Wendo dan Sansan, mengungkap data kalau tiap tahunnya memang terjadi kenaikan jumlah wisatawan asal Prancis ke Indonesia.

Perwakilan VITO Perancis, Eka Moncare mengatakan sepanjang tahun 2017 lalu, jumlah kunjungan wisatawan Prancis ke Bali mencapai 162.288 wisatawan. Lebih besar dari tahun 2016 yang berjumlah 147,413 wisatawan. Tren kenaikan inilah yang coba dibidik, untuk ‘merayu’ mereka agar juga berwisata ke Bangka Belitung.

“Kehadiran kita disambut baik oleh VITO. Sebab Babel memang masuk 10 Bali baru yang memang sedang dipromosikan Kemenpar. Jadi VITO Prancis siap membantu mempromosikan Bangka Belitung dengan event-event pariwisata Babel,” kata Ketua ASATI Babel, Sansan Arya Lukman, Kamis, 22 Maret 2018, usai bertandang ke kantor VITO yang beralamat di 22 rue Laplace, 75005 Paris, Prancis.

Senada, disampaikan juga oleh Wendo Irwanto, Sekretaris PHRI Babel. “Respon VITO sangat bagus. Mereka tertarik untuk mempromosikan wisata kuliner Bangka Belitung karena yang mempunyai ciri khas yang berbeda,” tutur Wendo.

Eka Moncare selaku perwakilan VITO Prancis, mengatakan akan membantu maksimal promosi pariwisata Bangka Belitung.

Untuk lebih memperkenalkan Babel, VITO akan membawa beberapa media elektronik untuk bertandang ke Babel. Bahkan, di bulan Agustus 2018, VITO akan membawa chef terkenal, Cyril Lignac, untuk menjajal kuliner Bangka Belitung. Cyril merupakan pengasuh acara kuliner di banyak saluran televisi Prancis.

DONNY FAHRUM

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda