Kalaulah sirup dibawa ke kebun
Dibawah cemeti menggali perigi
Kalaulah hidup hendak rukun
Saling mencintai saling berbagi
(Pantun Atok Kulop)

BANGKATIMES, PANGKALPINANG— Semua manusia hidup, pastinya membutuhkan kedamaian. Dengan rasa damai maka akan tercipta kerukunan antar sesama atau pun sebaliknya. Saling mencintai dan saling berbagi, baik itu berbagi rasa maupun berbagi harta adalah salah satu cara kita menciptakan kerukunan hidup antar manusia.

Gerakan Jumat Sedekah (GJS) Atok Kulop yang sudah berjalan lebih dari 2 tahun adalah salah satu kegiatan berbagi antar sesama. Gerakan yang dipelopori oleh Ahmadi Sopyan ini rutin membagikan 500 paket nasi kotak setiap menjelang sholat Jumat. Tak hanya itu, GJS Atok Kulop pun selalu melibatkan organisasi atau komunitas lain dalam mendistribusikan nasi kotak yang dibagikan.

Misalnya, pada Pekan ke-104 ini, GJS Atok Kulop melibatkan 2 organisasi, yaitu HIMASRI (Himpunan Mahasiswa Sriwijaya) dan PGK (Perkumpulan Gerakan Kebangsaan) Kota Pangkalpinang. Kedua organisasi ini kompak mendistribusikan 500 paket nasi kotak dari Umah Ubi Atok Kulop menuju beberapa titik pendistribusian, antara lain: Keluarga pasien di RS Bakti Wara, Tahanan dan penjaga di Polda Babel dan Polres Pangkalpinang, Satpam, petugas parkir, petugas kebersihan dijalanan, panti Asuhan Kristen RUTH, Pani Asuhan Aisyiyah, Santri Tahfidz Quran Hidayatullah Teru Bangka Tengah, Panti Asuhan Bina Harapan Islam Kampung Kramat, Panti Asuhan Nur Rohmah, Kelompok Pemulung di TPA Parit 6 Pangkalpinang, orang gangguan kejiwaan di jalanan dan sebagainya.

IMG-20190322-WA0019

Melibatkan komunitas atau organisasi anak-anak muda adalah salah satu cara GJS Atok Kulop melatih kebersamaan dan kepedulian kepada generasi muda. Sudah puluhan organisasi dan komunitas anak-anak muda di Bangka Belitung yang telah turut terlibat dalam kegiatan ini. Hal ini menurut Ahmadi Sopyan, sebagai wadah sinergitas.

“Karena kita sama-sama belajar. Belajar sedekah, belajar kerjasama dan belajar peka terhadap lingkungan sekitar kita,” ungkap Ahmadi Sopyan disela-sela memimpin kegiatan GJS Atok Kulop.

Sedangkan Anggota PGK, Yulizar Ahmad, menyebutkan bahwa kegiatan GJS ini sangat memotivasi dirinya dan kawan-kawan. “Saya senang bisa dilibatkan dan ini membuat tumbuh rasa peka sosial. Walau hanya nasi kotak, tapi mereka para penerima sangat antusias. Kegiatan ini benar-benar menginspirasi bagi anak muda dan komunitas-komunitas yang ada,” ungkap pemuda asal Desa Kace ini.

IMG-20190322-WA0018

Senada dengan Yulizar, Anggota HIMASRI, Janny Ilmi Audina, menyatakan bahwa kegiatan ini memiliki konsep sederhana namun sangat mengena. “Kegiatan ini konsepnya sederhana, tapi manfaatnya luar biasa. Dari kegiatan ini membuat kami belajar bahwa membahagiakan orang lain tidak harus dengan kemewahan. Dengan berbagi nasi kotak saja, orang sudah sangat bahagia dan merasa ada yang peduli. Saya merasakan betul ketika para pemulung, petugas kebersihan begitu antusias kala kita datang memberikan nasi kotak. Senyum kebahagiaan mereka itu benar-benar menyenangkan. Saya harap kegiatan seperti ini jangan pernah berhenti, karena ini membahagiakan orang,” ungkap mahasiswi UBB asal Belinyu ini.

Sedangkan Ahmadi Sopyan selaku pencetus GJS Atok Kulop memberikan tanggapan bahwa GJS Atok Kulop ini akan terus berjalan tanpa batas.

“Alhamdulillah, hingga kini kami masih tetap istiqomah sampai sekarnag Pekan ke-104. Kami ini hanya tukang antar sedekah saja, yang menyumbang adalah orang-orang yang memberikan kepercayaan kepada kami,” ungkap putra Desa Kemuja yang juga seorang Penulis Buku dan Kolomnis di berbagai media ini. (*)

==============================

DAFTAR NAMA DERMAWAN GJS Pekan ke-104 (22-03-2019):

UMAH UBI ATOK KULOP : 25 Kotak
Ahmadi Sopyan (Penulis Buku) : 90 Kotak
IPONG GROUP Pangkalpinang : 10 Kotak
PT. PULOMAS SENTOSA : 10 Kotak
Adi Kurniadi / Jidol (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 10 Kotak
Ibu Sri (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 25 Kotak
Abet Suhaian (PT. Yuneldo Berjaya) : 10 Kotak
Agung Yubi Utama (Kepala BKD Kota Pangkalpinang) : 20 Kotak
Hj. Zachria Subagyo (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 5 Kotak
Sumarno (MD. KAHMI Pangkalpinang) : 5 Kotak
(Alm) Kasdan & (Almh) Hj. Karmonah (Warga Demak Jateng) : 10 Kotak
Depati Amir Gandhi (Wakil Ketua DPRD Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
Diahrinti (DeLAUNDRY Pangkalpinang) : 5 Kotak
H. Yuli Darusman (Warga Graha Puri Pangkalpinang) : 25 Kotak
Ustadz H. Zuhri M. Syazali (Mantan Bupati Bangka Barat) : 5 Kotak
H. Yunan Helmi (SEKDA Bangka Barat) : 10 Kotak
Bambang Patijaya (Ketua DPP GEMABUDHI) : 10 Kotak
Zulkarnain Syamsuddin & Isteri (Warga Kota Pangkalpinang) : 10 Kotak
ARSEL TENDA Pangkalpinang : 5 Kotak
Lely Marulisari (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
Yulinda (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 5 Kotak
Yusmita (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
Devin Rulianto / Ato (Warga Graha Puri Pangkalpinang) : 10 Kotak
Muhammad Bilal (Mahasiswa ITS Surabaya) : 5 Kotak
Muhammad Ghifari (Siswa SMAN 1 Pangkalpinang) : 5 Kotak
Muhammad Thoriq (Siswa SMPN 2 Pangkalpinang) : 5 Kotak
BATIK KAMPUNG KATAK (Pangkalpinang) : 5 Kotak
Saparyani (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
Andi (Anggota DPRD Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
Hera Sulaiman (Warga Kota Pangkalpinang) : 25 Kotak
Kayla Annisa (Siswa SMPN 2 Pangkalpinang) : 10 Kotak
Muhammad Badawi (Warga Bangka di Kalimantan) : 10 Kotak
Muhammad Tamimi (Wartawan RAKYAT POS) : 5 Kotak
Hj. Fidah Hasan (Direktur PT. PBM) : 10 Kotak
Ahdori (Tim Umah Ubi Atok Kulop) : 5 Kotak
Volojuan (Warga Kota Pangkalpinang) : 100 Kotak

JUMLAH : 500 KOTAK

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda