BANGKATIMES, PANGKALPINANG – Pasangan ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari sukses merengkuh gelar juara Bangka Belitung Indonesia Masters 2018. Rinov/Mentari mengalahkan pasangan Thailand Nipithon Phuangphuapet/Savitree Amitrapai dengan skor 21-19, 21-18.

Bagi Rinov/Mentari kemenangan ini sekaligus revans atas kekalahan mereka dari lawan yang sama di kejuaraan sebelumnya di Vietnam.

Rinov/Mentari merupakan ganda campuran masa depan Indonesia. Terhitung baru dalam satu tahun terakhir keduanya berpasangan.

“Pasangan ini Juara Dunia Junior 2017 lalu,” kata Yuni Kartika, mantan pebulutangkis tunggal putri Indonesia, yang memandu jalannya konferensi pers bersama Rinov/Mentari, Minggu, 23 September 2018, di GOR Sahabuddin, Pangkalpinang.

Dikatakan Rinov, kemenangan di Bangka Belitung Indonesia Masters ini menjadi modal berharga bagi dia dan Mentari, dalam menatap Korea Open yang akan berlangsung mulai besok.

20180923_132218_crop_900x600-01

Jalannya pertandingan berlangsung menarik. Servis pertama yang dilakukan pemain Thailand, langsung membuahkan poin bagi pasangan Indonesia, setelah shuttlecock pukulan Rinov tak mampu dikembalikan pasangan Thailand. Skor terus bertambah. 1-0, 2-0, hingga terus memimpin 7-0. Pasangan Thailand baru mendapat poin setelah pukulan Rinov melebar.

Pasangan Thailand sempat mendekat, di skor 8-5, lalu 9-6, 9-7. Seterusnya skor menjadi 10-7, dan berturut hingga skor menjadi 13-7. Dua kali terlihat Mentari melontarkan smash keras tanpa bisa dikembalikan pasangan Thailand. Game pertama ditutup dengan 21-19.

Di game kedua, perolehan skor berlangsung lumayan ketat. Hingga jeda interval, pasangan Rinov/Mentari unggul 11-9.

Tapi kemudian, pasangan Thailand bisa menempel. Bahkan kala berpindah bola menjadi 12-12, Nipithon/Savitree sempat memimpin 12-13. Tapi ini tak lama. Rinov/Mentari bisa menyamakan kedudukan dan untuk kemudian terus memimpin.

Game kedua ditutup dengan skor 21-19 yang sekaligus memastikan gelar juara bagi pasangan Rinov/Mentari. Pasangan ini berhak mengklaim hadiah sebesar US$ 5.925.

Rinov mengaku kemenangannya berkat strategi tak memberi ruang bagi pasangan Thailand untuk memimpin perolehan poin. “Secepatnya kita terus menekan lawan dengan deras. Saya dan Mentari tidak memberi ruang bagi mereka untuk leading,” ujarnya.

Pola permainan menekan ini sesuai dengan instruksi pelatihnya, Amon Santoso. “Mereka diminta main cepat dulu. Biar lawan keteteran,” kata Amon.

DONNY FAHRUM

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda