Makan siang lempah darat
Pemain bola sedang berlatih
Kepada alam kita bersahabat
Sesama manusia berbelas kasih

BANGKATIMES, PANGKALPINANG — Orang bijak pernah mengistilahkan bahwa manusia dan alam bagaikan anak dan ibu kandungnya. Keduanya saling menjaga, menebar manfaat, saling mengasihi sebagaimana ibu kepada anaknya, begitupula sebaliknya.

Ketika anak (manusia) durhaka terhadap ibu (alam), maka kemurkaan sang Ibu pasti akan membuat kepahitan dan kesengsaraan hidup bagi seorang anak. Kemurkaan alam bisa berupa banjir, puting beliung, longsor, air laut naik ke darat, kesengsaraan pangan, tanah menjadi gersang dan lain sebagainya. Begitulah perumpamaan antara alam dan manusia.

Bagaikan alam dan manusia, hari ini GJS Atok Kulop pun demikian adanya. Kegiatan rutin anak-anak muda ini dengan berbagi 500 paket nasi kotak setiap menjelang sholat Jum’at menjadi kebiasaan dan rutinitas yang tak terlewat. Pun demikian, hari ini GJS Atok Kulop bersinergi dengan komunitas anak-anak muda (mahasiswa) pecinta alam yang tergabung dalam LEPPAMI (Lembaga Pariwisata dan Pecinta Alam Mahasiswa Islam) Kepulauan Bangka Belitung.

GJS Atok Kulop yang dipelopori oleh Ahmadi Sopyan ini dikenal dengan kegiatan sosial kemanusiaan, dan LEPPAMI adalah komunitas anak-anak muda dalam kegiatan alam, menjadi sebuah sinergi yang manis seperti Ibu dan Anak dalam menebar kebaikan.

Achmad Haritsyah, salah satu Anggota LEPPAMI Babel menyebutkan bahwa kegiatan sosial yang dilakukan oleh GJS Atok Kulop adalah kegiatan yang sangat menginspirasi dan patut diapresiasi.

“Kegiatan ini sangat bagus, selain menginspirasi, harus dipertahankan karena kelihatannya sangat sederhana, tapi benar-benar bermakna. Kami dari LEPPAMI sangat bersyukur dilibatkan sehingga menjadi inspirasi bagi kami dan kawan-kawan organisasi lainnya,” ungkap mahasiswa semester 6 Universitas Bangka Belitung ini.

IMG-20190125-WA0016

Senada dengan anggotanya, Hasinah Buang Supian, Direktur LEPPAMI menyebutkan bahwa kegiatan seperti memberikan kebahagiaan bagi orang lain. “Kegiatan ini memberikan kebahagiaan baik yang menerima maupun yang memberi bahkan kita yang mengantar pun menjadi bahagia. Kita semakin menyadari bahwa setiap orang memiliki rezeki masing-masing dan tugas kita adalah saling berbagi karena didalam harta kita dipastikan ada hak orang lain. Kedepannya kita berharap kegiatan ini semakin besar dan semakin luas jangkauannya,” ungkap mahasiswi semester 8 Universitas Bangka Belitung ini.

Sedangkan Ahmadi Sopyan, pencetus Gerakan Jum’at Sedekah (GJS) Atok Kulop ini sangat mengapresiasi atas banyaknya organisasi anak muda yang ingin dilibatkan dalam distribusi.

“Alhamdulillah, kita sangat senang kegiatan ini masih berjalan sampai hari ini. Karena apa yang kita berikan hanyalah sebagai tukang antar, maka kami senang jika ada organisasi atau komunitas yang ingin terlibat, sehingga kita bisa bersama-sama bertemu langsung dengan masyarakat, seperti pemulung, tahanan, tukang kebersihan, buruh bahkan orang gangguan kejiwaan di jalanan,” ungkap alumni Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja dan Alumni Pondok Modern Al-Barokah Kertosono Nganjuk Jawa Timur ini.

IMG-20190125-WA0015

Dalam pantauan media ini, hari ini (25/01/2019), tampak Tim GJS Atok Kulop dan Anggota LEPPAMI penuh semangat mendistribusikan 500 paket nasi kotak ke beberapa tempat, antara lain: ruang tahanan di Polda Babel, Polresta Pangkalpinang, keluarga pasien di Rumah Sakit Bakti Timah, keluarga pasien di Rumah Sakit Bhakti Wara, pemulung di kawasan Parit 6 Pangkalpinang, santri Tahfidz Qur’an di Pondok Pesantren Hidayatullah Teru Bangka Tengah, petugas kebersihan, tukang parkir, cleaning service di Bandara Depati Amir, orang gangguan kejiwaan di jalanan, buruh harian dan lain-lain.

“Alhamdulillah, kegiatan rutin ini selalu menggembirakan dan kita sangat berterima kasih kepada para dermawan, kawan-kawan komunitas serta semua yang turut mendo’akan,” ungkap budayawan muda Bangka Belitung ini.

“Semoga hal yang sederhana ini bisa melatih kami sinergi serta mencintai alam sebagaimana LEPPAMI dan saling mengasihi sesama manusia,” tutur Ahmadi Sopyan, sosok anak muda Bangka Belitung yang dikenal kreatif dan penuh dengan ide-ide serta menginspirasi kaum milenial ini.

=======================

DAFTAR NAMA DERMAWAN GJS Pekan ke-96 (25-01-2019):

1. UMAH UBI ATOK KULOP : 25 Kotak
2. Ahmadi Sopyan (Penulis Buku) : 120 Kotak
3. IPONG GROUP Pangkalpinang : 10 Kotak
4. PT. PULOMAS SENTOSA : 10 Kotak
5. Adi Kurniadi / Jidol (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 10 Kotak
6. Ibu Sri (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 25 Kotak
7. Abet Suhaian (PT. Yuneldo Berjaya) : 10 Kotak
8. Agung Yubi Utama (Kepala BKD Kota Pangkalpinang) : 20 Kotak
9. Hj. Zachria Subagyo (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 5 Kotak
10. Sumarno (MD. KAHMI Pangkalpinang) : 5 Kotak
11. (Alm) Kasdan & (Almh) Hj. Karmonah (Warga Demak Jateng) : 10 Kotak
12. Depati Amir Gandhi (Wakil Ketua DPRD Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
13. Diahrinti (DeLAUNDRY Pangkalpinang) : 5 Kotak
14. H. Yuli Darusman (Warga Graha Puri Pangkalpinang) : 25 Kotak
15. Ustadz H. Zuhri M. Syazali (Mantan Bupati Bangka Barat) : 5 Kotak
16. H. Yunan Helmi (SEKDA Bangka Barat) : 10 Kotak
17. Bambang Patijaya (Ketua DPP GEMABUDHI) : 10 Kotak
18. Zulkarnain Syamsuddin & Isteri (Warga Kota Pangkalpinang) : 10 Kotak
19. ARSEL TENDA Pangkalpinang : 5 Kotak
20. Lely Marulisari (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
21. Yulinda (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 5 Kotak
22. Yusmita (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
23. Devin Rulianto / Ato (Warga Graha Puri Pangkalpinang) : 10 Kotak
24. Muhammad Bilal (Mahasiswa ITS Surabaya) : 5 Kotak
25. Muhammad Ghifari (Siswa SMAN 1 Pangkalpinang) : 5 Kotak
26. Muhammad Thoriq (Siswa SMPN 2 Pangkalpinang) : 5 Kotak
27. BATIK KAMPUNG KATAK (Pangkalpinang) : 5 Kotak
28. Saparyani (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
29. Andi (Anggota DPRD Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
30. Kayla Annisa (Siswa SMPN 2 Pangkalpinang) : 10 Kotak
31. Muhammad Tamimi (Wartawan RAKYAT POS) : 5 Kotak
32. Hj. Fidah Hasan (Direktur PT. PBM) : 10 Kotak
33. Ari (PNS Pemprov Babel) : 5 Kotak
34. Ahdori (Tim UMAH UBI ATOK KULOP) : 5 Kotak
35. Volojuan (Warga Kota Pangkalpinang) : 100 Kotak

JUMLAH : 500 KOTAK

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda