Ambillah dahan berbatang muda
Bawalah cokelat jangan tumpah
Bulan Ramadhan Bulan Puasa
Semakin giat kita bersedekah (Pantun Atok Kulop)

BANGKATIMES, PANGKALPINANG– GJS Atok Kulop adalah pioner gerakan sosial yang istiqomah dan melibatkan berbagai organisasi, komunitas dan lain sebagainya dalam bersedekah. Kegiatan yang selalu rutin ini sepertinya tak pernah berhenti dan selalu istiqomah. Gerakan membagikan 500 paket nasi kotak setiap hari Jum’at di seputaran Kota Pangkalpinang, Bangka dan Bangka Tengah hasil menghimpun dari para dermawan. Sedangkan seluruh nasi kotak dibuat oleh Ibu-Ibu di Kampung Opas Pangkalpinang.

“Alhamdulillah ini sudah Pekan ke 65, pada bulan biasa kita membagikan setiap menjelang sholat Jum’at, tapi di bulan Ramadhan kita membagikan menjelang saat berbuka puasa” ungkap Ahmadi Sofyan, pencetus GJS Atok Kulop ini.

Hari ini (25/05/2018), adalah Pekan ke-65, artinya sejak pekan pertama sampai sekarang sudah puluhan ribu nasi kotak dibagikan oleh anak-anak muda ini. Unik dan inspiratif, kegiatan ini selalu melibatkan organisasi atau komunitas bahkan karyawan perusahaan yang ada di Bangka Belitung untuk mendistribusikannya. “Ini kita lakukan agar semua merasa memiliki dan ikut berperan, karena kami ini hanya tukang antar sedekah, bukan pemilik sedekah. Jadi semua orang memiliki hak untuk terlibat,” ungkap putra Desa Kemuja ini.

IMG-20180525-WA0036

Pada pekan ke 65 ini GJS melibatkan komunitas anak-anak muda yang juga memiliki kegiatan sosial ditengah masyarakat, yakni AKSI BAIK BABEL (ABB). Dody Iswara salah satu Anggota ABB menyebutkan bahwa ia baru tahu kegiatan ini ternyata sangat inspiratif. “Kegiatan yang sangat bagus dan semoga bisa berkembang terus. Saya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh GJS Atok Kulop ini,” ungkap mahasiswa semester IV STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung.

Sedangkan Narti menyebutkan kalau kegiatan GJS yang baru saja diikutinya, sangat baik dan penuh keharuan. “Tadi saya membagikan ke tahanan, benar-benar berkesan. Apalagi ketika kita membagikan ke keluarga pasien di Rumah Sakit, mereka benar-benar membutuhkan walaupun sederhana, yakni hanya nasi kotak. Semoga GJS lebih baik dan tetap istiqomah,” ujar mahasiswi semester IV Universitas Negeri Bangka Belitung (UBB).

Senada dengan Dody dan Narti, anggota ABB lainnya bernama Metia Indani Winarlin menyatakan kesan senangnya bisa terlibat langsung pada kegiatan GJS ini. “GJS ini bagus banget. Tujuannya tepat dan dibagikan kepada penerima yang tepat. Saya bisa ikut ini merasa sangat senang sekali, ini benar-benar kegiatan yang menyenangkan dan kita banyak bertemu dengan orang. Kita berharap kegiatan ini terus berkembang, kalau bisa lebih banyak dan lebih luas lagi wilayah pendistribusiannya, karena benar-benar bermanfaat,” ungkap mahasiswi asal Air Mesu semester IV STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung ini.

IMG-20180525-WA0035

Dalam pantuan BANGKATIMES, tampak dilapangan, Team GJS Atok Kulop dan Komunitas ABB membagikan 500 paket nasi kotak di beberapa tempat menjelang berbuka puasa, seperti: tahanan dan penjaga di POLDA Babel, tahanan dan penjaga di POLRESTA Pangkalpinang, Masjid dan Musholla, Cleaning Service di Bandara Depati Amir, Keluarga pasien di Rumah Sakit Bakti Timah, Rumah Sakit Bakti Wara, Santri Tahfiz Qur’an Hidayatullah Teru Bangka Tengah, satpam, tukang parkir, petugas kebersihan, orang gangguan kejiwaan di jalanan, pemulung, buruh dan lain-lain.

Melalui media ini juga, Ahmadi Sofyan selaku pencetus GJS Atok Kulop, menyampaikan bahwa bagi dermawan yang hendak ikut memberikan sumbangsihnya, bisa langsung menghubungi tim GJS di Umah Ubi Atok Kulop di Citraland Botanical City Pangkalpinang sambil menikmati lempah kuning ikan baung, udang satang rampai ubi, ikan kelik sungai, sambal serai dan rebus ubi cecel sambel terasi serta berbagai menu tradisional khas kampung masyarakat Bangka lainnya. Apalagi dijadikan menu saat berbuka puasa. (*)

=================================

DAFTAR NAMA DERMAWAN GJS
Pekan ke-65 (25-05-2018)

1. UMAH UBI ATOK KULOP : 25 Kotak
2. IPONG GROUP Pangkalpinang : 10 Kotak
3. PT. PULOMAS SENTOSA : 10 Kotak
4. Adi Kurniadi / Jidol (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 10 Kotak
5. Ibu Sri (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 25 Kotak
6. Agung Yubi Utama (Kepala BKD Kota Pangkalpinang) : 20 Kotak
7. Hj. Zachria Subagyo (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 5 Kotak
8. Abet Suhaian (PT. Yuneldo Berjaya) : 10 Kotak
9. Sumarno (MD. KAHMI Pangkalpinang) : 5 Kotak
10. (Alm) Kasdan & (Almh) Hj. Karmonah (Warga Demak Jateng) : 10 Kotak
11. Depati Amir Gandhi (Wakil Ketua DPRD Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
12. Diahrinti (DeLAUNDRY Pangkalpinang) : 5 Kotak
13. H. Yuli Darusman (Warga Graha Puri Pangkalpinang) : 25 Kotak
14. Ustadz H. Zuhri M. Syazali (Mantan Bupati Bangka Barat) : 5 Kotak
15. H. Yunan Helmi (SEKDA Bangka Barat) : 10 Kotak
16. Bambang Patijaya (Ketua DPP GEMABUDHI) : 10 Kotak
17. Zulkarnain Syamsuddin & Isteri (Warga Kota Pangkalpinang) : 10 Kotak
18. ARSEL TENDA Pangkalpinang : 5 Kotak
19. Lely Marulisari (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
20. Yulinda (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 5 Kotak
21. Devin Rulianto / Ato (Warga Graha Puri Pangkalpinang) : 15 Kotak
22. Muhammad Bilal (Mahasiswa ITS Surabaya) : 5 Kotak
23. Muhammad Ghifari (Siswa SMAN 1 Pangkalpinang) : 5 Kotak
24. Muhammad Thoriq (Siswa SMPN 2 Pangkalpinang) : 5 Kotak
25. BATIK KAMPUNG KATAK (Pangkalpinang) : 5 Kotak
26. Hera Sulaiman (Warga Kota Pangkalpinang) : 25 Kotak
27. Munir “Aliando” (Komunitas GAWE GILE) : 5 Kotak
28. Panitia Waisak 2018 (Bangka Belitung) : 25 Kotak
29. PT. PUTRA BANGKA MANDIRI (PBM) : 142 Kotak
30. Syaifullah Asnan (Ketua DPW PBB Bangka Belitung) : 10 Kotak
31. Kayla Annisa (Siswa SMPN 2 Pangkalpinang) : 30 Kotak
32. Saparyani (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
33. PANDEGA MUKTI 83 (Pangkalpinang) : 5 Kotak
34. Ahdori (Team GJS Atok Kulop) : 3 Kotak

JUMLAH : 500 KOTAK

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda