BANGKATIMES, Pangkalpinang – Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuat gebrakan mendukung sport tourism dengan mengusulkan menjadi tuan rumah Asian Beach Games yang digelar tahun 2022 mendatang. Sebagai destinasi wisata unggulan ketiga nasional setelah Bali dan Lombok, Bangka Belitung memiliki sarana pendukung yang cukup lengkap. Selain itu, dana yang dikeluarkan juga tidak begitu besar.

“Keseriusan untuk menjadi tuan rumah karena sebagai provinsi kepulauan, Bangka Belitung memiliki potensi besar dalam mengembangkan olahraga pantai dan sport tourism. Sumber daya alam kita sangat mendukung sekali untuk pengembangan dan menggelar kompetisi olahraga pantai,” ujar Ketua Koni Bangka Belitung Elfandi kepada wartawan, Rabu, 28 Maret 2018.

Elfandi mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi dengan KOI dan Kemenpora karena sudah membawa nama Indonesia untuk usulan tuan rumah. Untuk pemantapan, Koni juga akan studi banding ke Bali yang sudah pernah menggelar event serupa.

“Karena sudah punya modal dasar yang utama, kita menawarkan kompetisi multi event di Asian Beach Games 2022 dengan mempertandingkan 14 cabang olahraga pantai, diantaranya voli, sepakbola, jetski, silat, renang, selam dan beberapa cabang olahraga lainnya,” ujar dia.

Menurut Elfandi, cuma ada satu ganjalan bagi Bangka Belitung untuk menjadi tuan rumah Asian Beach Games 2022, yakni akses transportasi udara untuk penerbangan internasional. Jika disetujui, kata dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait mengatasi problem tersebut.

“Kalau sudah ada penerbangan, saya yakin tidak ada persoalan lagi bagi Bangka Belitung untuk menjadi tuan rumah Asian Beach Games karena sudah menjadi pertimbangan negara peserta karena menginginkan tidak adanya penerbangan transit. Soal ini memang menjadi kendala utama dan satu-satunya,” ujar dia.

Elfandi menuturkan untuk atlit olahraga pantai pihaknya tidak merasa ada persoalan berarti. Bahkan atlit voli pantai Bangka Belitung sudah lolos PON dan bisa menyumbangkan atlit untuk menjadi pemain nasional Indonesia di event tersebut.

“Usulan sebagai tuan rumah Asian Beach Games merupakan salah satu upaya meningkatkan sport tourism selain pengembangan olahraga pantai dan pembinaan atlit. Hal tersebut sejalan dengan visi misi Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman untuk meningkatkan pembangunan pariwisata,” ujar dia.

Elfandi menambahkan pihaknya tetap berkomitmen untuk menjadi tuan rumah Asian Beach Games 2022. Saat ini sudah akan dimulai persiapan dan koordinasi dengan pihak terkait serta pemerintah daerah yang sangat mendukung untuk menggelar event tersebut untuk menarik turis berkunjung.

“Kita juga menyiapkan alternatif jika batal menjadi tuan rumah. Salah satunya adalah dengan menggelar event serupa namun masih lingkupnasional atau open kompetisi. Bukan tidak mungkin ada pemain sepakbola top dunia yang sudah pensiun dari lapangan hijau dan menekuni sepakbola pantai bisa ikut meramaikan. Ronaldinho contohnya,” ujar dia.

SERVIO MARANDA

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda