BANGKAtimes.com, PANGKALPINANG – Tiga mobil berbaris rapi di halaman depan Umah Ubi Atok Kulop, kawasan Citraland Botanical City pada Jumat pagi, 27 Januari 2017. Di tiap bagasi mobil itu, dipenuhi nasi-nasi kotak siap santap untuk segera diedarkan. Hari itu adalah pekan kedua, dari Gerakan Jumat Sedekah atau GJS.

Dibagi tiga tim -sesuai jumlah mobil-, rombongan penyalur bergerak menuju titik sasaran. Tak sampai dua jam, hari itu tim berhasil mengedarkan 300 nasi kotak yang masing-masing dibagikan kepada Panti Asuhan Aisiyah, Panti Asuhan Al Ikhlas, keluarga pasien di RSUD Depati Hamzah, orang terganggu jiwanya di jalanan, tukang parkir, satpam, kuli bangunan, tahanan Polda Babel, dan lain-lain. Wajah-wajah sumringah dan ucapan terima kasih, tersampaikan dari mereka untuk para dermawan yang sudah sudi berbagi.

Hanya bermodal motto kecil, “Sedekah tidak harus menunggu harta berlimpah”, GJS Umah Ubi Atok Kulop memang sudah sejak dua pekan ini memberanikan diri untuk menjadi  pengajak alias ‘tukang ngulon’ kita semua untuk membiasakan diri rutin bersedekah walau hanya dengan nasi kotak.

Ahmadi Sofyan, Penggagas GJS yang juga adalah owner Umah Ubi Atok Kulop, menegaskan kalau dirinya beserta tim hanyalah sekedar ‘tukang tampung” dan tukang menyalurkan sumbangan para pelanggan setia Umah Ubi Atok Kulop dan dermawan yang ikhlas menyisihkan sedikit uangnya dan mempercayakan kepada mereka untuk dihimpun guna saling berbagi.

“Kami hanyalah ‘pipa kecil’ yang bertugas mengaliri air ke tempatnya. Kami hanyalah ‘tukang pos’ yang diamanahkan sang pengirim untuk menyampaikan barang kepada yang berhak menerimanya,” ujarnya.

Dilihat dari label yang menerakan juga nama dermawan yang menyumbang di tiap kotak nasi itu, mereka berasal dari profesi yang beragam. Ada legislator di DPR RI dan DPRD, pegiat partai, aktivis mahasiswa, pengusaha, ibu rumah tangga, pekerja, petani, perwira kepolisian, dan lain-lain.

Menurut Ahmadi, GJS hanyalah gerakan kecil anak-anak muda yang sedang belajar bagaimana menebar kebaikan dan menjadi inspirasi bagi yang lain agar dapat berbuat yang lebih besar, menginspirasi dan tentunya lebih baik dari yang dilakukan GJS saat ini.

“Terima kasih kepada para pelanggan setia Umah Ubi Atok Kulop dan para dermawan yang mempercayakan amanah mulia ini kepada kami. Insya Allah Jumat depan, kembali kita berbagi,” ujarnya.

GJS yang di Jumat 3 Februari 2017 mendatang adalah pekan ketiga, masih membuka kesempatan bagi para dermawan untuk turut berpartisipasi. Bisa menghubungi langsung Ahmadi Sofyan di nomor ponsel: 0813-3439-3341, atau Sukma Wijaya: 0853-8110-4789 / 0811-7173-277.

Salam Atok Kulop!

DONNY FAHRUM 

–Sebagai media online baru, BANGKAtimes.com segera hadir dengan format tampilan yang akan terus disempurnakan–

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda