Membeli ikan di pasar rempah
Jalannya tertatih si penjual ragi
Kami hanya tukang antar sedekah
Semoga melatih kepekaan diri
(Pantun Atok Kulop)

BANGKATIMES, PANGKALPINANG – Kepada anak-anak muda, kepekaan sosial harus dilatih. Harus dibiasakan. Harus dipraktekkan. Langsung. Mereka tak butuh teori berpanjang-panjang. Karena itu, generasi yang lebih tua, tak boleh hanya meminta. Apalagi menyuruh. Ajakan pelibatan anak muda, itu yang mereka perlukan.

Bila kepekaan sosial terus dilatih, lama-lama akan menjadi karakter, yang baik, yang unggul. Kepulauan Bangka Belitung dan negara Indonesia secara luas, memang terus perlu manusia-manusia unggul yang berkarakter baik. Untuk membuat daerah dan bangsa kita kian maju di masa depan.

Nah, kepekaan sosial dapat kian terasah, kala turun langsung ke tengah masyarakat. Hal ini yang mendasari Gerakan Jumat Sedekah yang digagas tokoh muda Ahmadi Sopyan, untuk sering melibatkan anak-anak muda dalam proses pendistribusian 500 nasi kotak sumbangan para dermawan tiap pekannya.

Contohnya pada pekan ini, Jumat, 30 November 2018. GJS Atok Kulop menggandeng KOHATI, di pekan ke-88.

Istimewanya, tak cuma muda atau milenial. Para personil KOHATI juga perempuan. Sesuai kepanjangannya: Korps HMI-wati, sebagai organisasi mahasiswi dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Artinya, sejalan juga dengan semangat pemberdayaan dan keberpihakan perempuan, kaum ibu, dalam nilai-nilai GJS. Dari sejak GJS pekan pertama hingga sekarang yang sudah menginjak pekan ke-88, nasi kotak GJS dibuat alias diproduksi oleh kelompok ibu-ibu di Kampung Opas, Pangkalpinang. Kepada kaum emak-emak itulah, nasi kotak GJS tiap pekannya dipesan/dibeli, lalu didistribusikan oleh tim GJS. Dalam hal ini, nasi kotak yang dipesan para dermawan via tim GJS, ikut membantu menambah perekonomian para kaum ibu itu.

Di pekan ke-88, dengan penuh semangat, tim GJS Atok Kulop dan KOHATI Babel telah selesai mendistribusikan 500 paket nasi kotak ke beberapa tempat. Antara lain: pemulung di kawasan Parit 6 Pangkalpinang, Tahanan di Polda dan Polresta Pangkalpinang, Panti Asuhan Kristen RUTH, Santri Tahfiz Qur’an Pesantren Hidayatullah Teru Bangka Tengah, keluarga pasien di RS Bakti Wara, RS Bakti Timah, petugas kebersihan, orang gangguan kejiwaan dijalanan, satpam, buruh harian, tukang parkir dan lain-lain.

IMG-20181130-WA0018

Ketua KOHATI Cabang Babel, Meria Astuti merasa bersyukur ketika dia dan teman-teman bisa ikut berpartisipasi dalam Gerakan Jumat Sedekah bersama Umah Ubi Atok Kulop.

“GJS merupakan kegiatan amal yang dilakukan Secara kontinyu yang patut dicontoh oleh kaum milenial. Sesuai dengan slogan GJS, bersedekah tak harus menunggu kaya, kita sebagai mahluk sosial harus mempunyai kepekaan terhadap lingkungan sekitar dan saling membantu sesama walaupun dari hal kecil dan bersedekah tak harus menunggu tua,” kata Meria, seraya berharap KOHATI bisa berpartisipasi dalam gerakan amal ala GJS, di pekan-pekan mendatang.

Perasaan syukur senada, dirasakan pula oleh Ashma Siregar. Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan KOHATI Cabang Babel ini setelah mengikuti GJS membuat dirinya semakin tergerak untuk peduli dan memahami sesama.

“Masih banyak orang-orang yang membutuhkan bantuan kita. Dengan bersedekah tidak akan membuat harta kita berkurang dan kita miskin. Tapi justru itulah yang membuat kita kaya, yaitu kaya hati,” ujarnya.

IMG-20181130-WA0017

Sebagai wujud kebersamaan banyak pihak, penggagas GJS, Ahmadi Sopyan, tak henti mengingatkan kalau tim GJS yang dipimpinnya, hanya sebagai tukang himpun, tukang antar, tukang salur sedekah dari para dermawan. Oleh karenanya kewajiban bagi tim GJS untuk melaporkan kepada publik sebagai bentuk transparansi, baik via Whats App, WAG, instagram, media online, maupun media cetak.

“Sederhana dan kecil, tapi semoga ini terus konsisten dan bermanfaat sehingga melahirkan generasi yang memiliki jiwa sosial yang besar. Terima kasih kepada para dermawan,” kata pemerhati sosial budaya Babel yang akrab dengan sapaan Atok Kulop, itu.

Salam KOHATI! Salam ATOK KULOP!

==============================

DAFTAR NAMA DERMAWAN GJS, Pekan ke-88 (30-11-2018):

1. UMAH UBI ATOK KULOP : 25 Kotak
2. Ahmadi Sopyan (Penulis Buku) : 50 Kotak
3. IPONG GROUP Pangkalpinang : 10 Kotak
4. PT. PULOMAS SENTOSA : 10 Kotak
5. Adi Kurniadi / Jidol (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 10 Kotak
6. Ibu Sri (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 25 Kotak
7. Abet Suhaian (PT. Yuneldo Berjaya) : 10 Kotak
8. Agung Yubi Utama (Kepala BKD Kota Pangkalpinang) : 20 Kotak
9. Hj. Zachria Subagyo (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 5 Kotak
10. Sumarno (MD. KAHMI Pangkalpinang) : 5 Kotak
11. (Alm) Kasdan & (Almh) Hj. Karmonah (Warga Demak Jateng) : 10 Kotak
12. Depati Amir Gandhi (Wakil Ketua DPRD Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
13. Diahrinti (DeLAUNDRY Pangkalpinang) : 5 Kotak
14. H. Yuli Darusman (Warga Graha Puri Pangkalpinang) : 25 Kotak
15. Ustadz H. Zuhri M. Syazali (Mantan Bupati Bangka Barat) : 5 Kotak
16. H. Yunan Helmi (SEKDA Bangka Barat) : 10 Kotak
17. Bambang Patijaya (Ketua DPP GEMABUDHI) : 10 Kotak
18. Zulkarnain Syamsuddin & Isteri (Warga Kota Pangkalpinang) : 10 Kotak
19. ARSEL TENDA Pangkalpinang : 5 Kotak
20. Lely Marulisari (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
21. Yulinda (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 5 Kotak
22. Sarbini Ahmat (Masyarakat Bangka di Jakarta) : 5 Kotak
23. Yusmita (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
24. Devin Rulianto / Ato (Warga Graha Puri Pangkalpinang) : 10 Kotak
25. Muhammad Bilal (Mahasiswa ITS Surabaya) : 5 Kotak
26. Muhammad Ghifari (Siswa SMAN 1 Pangkalpinang) : 5 Kotak
27. Muhammad Thoriq (Siswa SMPN 2 Pangkalpinang) : 5 Kotak
28. BATIK KAMPUNG KATAK (Pangkalpinang) : 5 Kotak
29. Saparyani (Warga Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
30. Kayla Annisa (Siswa SMPN 2 Pangkalpinang) : 20 Kotak
31. Zuristyo Firmadata (Ketua DPW Nasdem Babel) : 25 Kotak
32. Andi (Anggota DPRD Kota Pangkalpinang) : 5 Kotak
33. Hj. Fidah Hasan (Direktur PT. PBM) : 10 Kotak
34. Hera Sulaiman (Warga Kota Pangkalpinang) : 25 Kotak
35. Ahdori (Tim UMAH UBI ATOK KULOP) : 5 Kotak
36. Volojuan (Warga Kota Pangkalpinang) : 100 Kotak

JUMLAH : 500  KOTAK

Bagikan.

Tentang Penulis

Komentar Anda