Perpustakaan Menjadi Wadah Literasi Modern

by -549 Views

TANJUNG PANDAN – “Bahasa asing menjadi salah satu alat komunikasi untuk membuka kunci ruang-ruang pengetahuan yang ada di dunia,” ungkap Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu kepada tiga orang siswa yang menyambutnya di ruang pertemuan SMA Negeri 1 Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Selasa (30/05/2023) dengan 3 bahasa yang berbeda yaitu, Indonesia, Jerman dan Inggris.

Bersama sang istri, Pj Ketua TP-PKK Babel Maya Suganda Pasaribu menghadiri Pertemuan Pembinaan, Pengelolaan dan Pengembangan Perpustakaan Sekolah Jenjang SMA/SMK/MA Wilayah Kerja V Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bertempat di SMA Negeri I Tanjung Pandan, Kab. Belitung yang memiliki perpustakaan berprestasi.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini dihadiri  Kepala SMA N 1 Tanjung Pandan, Kacandin wilayah V Belitung dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip. Pj Gubernur Suganda juga menyampaikan Pembinaan Perpustakaan Sekolah kepada para guru.

Sebelum memulai, dirinya mengecek apakah semua kepala sekolah dan peserta yang hadir sudah pernah mengunjungi perpustakaan nasional. Namun, tidak ada yang mengaku pernah berkunjung, Pj Gubernur Suganda pun langsung memerintahkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Babel untuk menyiapkan anggaran pada perubahan tahun ini.

“Diperubahan ini, jika tidak ada anggaran, ajak semua kepala sekolah untuk ke perpustakaan nasional. Saya sudah acc, nanti silahkan gunakan anggaran di bulan 10 s.d 11,” tegasnya. Hal ini dilakukannya agar kepala sekolah dan guru mempunyai gambaran bagaimana perpustakaan dan perkembangannya.

Dalam pembinaan ini Pj Gubernur menjelaskan peran dan fungsi perpustakaan sebagai sumber literasi anak didik kita harus terus diupayakan.
Walaupun pada saat ini, literasi digital ini ada. Bukan merupakan saingan, tetapi harusnya memicu perpustakaan untuk bertumbuh kembang menjadi perpustakaan yang lebih modern lagi.

“Saya beraktivitas tinggi setiap hari, tidak ada satupun surat-menyurat yang terlewatkan karena Saya disposisi bisa dari mana saja,” ungkapnya.

Ini fungsi digital yang tentunya akan bersanding dengan literasi yang semakin modern. Dirinya sangat tegas berpesan bahwa anak-anak akan banyak disuguhi hal-hal yang mungkin belum waktunya untuk diakses mereka, disinilah peran perpustakaan untuk mendidik dan memberikan sumber informasi yang dapat membantu mereka bertumbuh kembang dengan baik.

“Bapak dan Ibu guru juga memiliki peran, diberikan gelar pahlawan kepada guru. Sebutan itu lekat sejak dulu walaupun dibelakangnya ada kata tanpa tanda jasa,” pujinya.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kep. Babel Rahmadi dalam sambutannya menyambut kehadiran Pj Gubernur Babel ini mengatakan bahwa SMA ini memiliki perpustakaan yang hebat, dalam penilaian mereka juara satu dan akan mewakili Indonesia untuk bisa masuk lima besar nasional.

“Perpustakaan itu fungsinya ada lima, satu penelitian pendidikan, dua pelestarian, tiga informasi dan komunikasi, empat literasi, saran rekreasi,” jelasnya.

Dalam pembinaan ini dilakukan dialog langsung antara Pj Gubernur Babel dan peserta yang hadir dan peninjauan perpustakaan milik SMA Negeri 1 Tanjung Pandan. Pj Gubernur beserta Istri pun disuguhi makan bedulang sebagai budaya makan bersama yang masih dilakukan masyarakat Belitung hingga hari ini. (rls)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *