Bersama Kementerian Parekraf RI, Pemkot Pangkalpinang Gelar Festival Serumpun Pangkalpinang 2023

by -210 Views

PANGKALPINANG – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia bersama Pemerintah Kota Pangkalpinang selenggarakan Festival Serumpun Pangkalpinang dalam rangka Kurasi Karisma Event Nusantara (KEN) sekaligus komitmen pembentukan kabupaten dan kota kreatif Indonesia di Taman Dealova Kota Pangkalpinang, Kamis (23/11/2023).

“Kami memberi apresiasi kepada Pemerintah Kota Pangkalpinang, selain memiliki keindahan bahari, Kota Pangkalpinang merupakan rumah bagi etnis rumpun melayu tionghoa. Selamat dan sukses, mari majukan pariwisata dan ekonomi kreatif kita majukan Indonesia”, ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno melalui tayangan video.

Sementara, Pj Wali Kota Pangkalpinang Lusje Anneke Tabalujan sebut festival ini merupakan upaya untuk memperkenalkan Pangkalpinang dari berbagai sudut, baik inovasi-inovasi dan kegiatannya. Ia sangat mengapresiasi Festival Serumpun Pangkalpinang 2023 ini.

“Kota kreatif adalah stategi baru untuk perencanaan Kota, tentu dilatarbelakangi dengan era globalisasi ekonomi. Kota harus mampu menghasilkan pendapatan sendiri dengan kegiatan kreatif, sehingga membuat kota untuk lebih kreatif”, ungkap Lusje dalam sambutan.

Lusje menambahkan, kegiatan seperti ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menciptakan iklim bisnis yang positif, mengembangkan ekonomi berbasis sumber daya terbarukan, membangun citra dan identitas bangsa.

“Misalnya batik kita bisa kolaborasi dengan daerah lain, kita menyentuhnya dengan khas Kota Pangkalpinang seperti saya lihat ada batik Nol Kilometer. Produsen negara adidaya sudah tidak mau lagi membuat hal-hal kecil, mari kita produksi misalnya wadah tisu kita beri sedikit timah agar ada khasnya kita”, kata Lusje.

Terkait dengan kolaborasi kerajinan tersebut, Lusje harap akan ada modifikasi dan penambahan nilai agar terlihat lebih menarik. Pada bidang kuliner, Lusje menilai Kota Pangkalpinang sudah sangat luar biasa, misalnya makanan otak-otak yang paling enak ada di Kota Pangkalpinang.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *