Selamatkan Pemilu Yang Kondusif Agar Demokrasi Tertata Dengan Baik

by -16756 Views

PANGKALPINANG – Dalam rangka mensukseskan Pemilihan Umum Serentak pada tahun 2024 mendatang yang dilaksanakan tepat pada tanggal 14 Febuari 2024, sejumlah rangkaian proses panjang bagi lembaga Penyelenggara Pemilu telah melaksanakan tahapan demi tahapan.

Ibnu Hajar melalui pesan Whatsapp pada Jumat (30/6/2023), yang merupakan salah satu mahasiswa Pascasarjana Magister Manajemen di Universitas Pertiba mengatakan, mulai awal tahun 2023 seluruh partai peserta Pemilu sudah pasti akan intens dan masif melakukan komunikasi persuasif ke basis-basis konstituen, baik melalui sarana offline dengan perjumpaan langsung dengan warga maupun lewat sarana online melalui media sosial dan juga kanal-kanal komunikasi warga lainnya.

“Satu hal yang sangat penting terhubung dengan Pemilu yang berkualitas ialah komitmen Partai Politik untuk turut menghadirkan kualitas kompetisi yang berkualitas dalam konteks agar demokrasi tertata dengan baik”, ujar Ibnu Hajar yang juga selaku Anggota Panwaslu Kecamatan Gabek.

Ibnu Hajar mengatakan, kondusifitas harus dijaga agar Pemilu 2024 berjalan dengan lancar, salah satu caranya adalah dengan memberantas hoaks dan propaganda di media sosial. Ia meminta masyarakat untuk menjaga kondusifitas jelang Pemilu 2024.

“Jangan sampai ada perang komentar atau penyebaran hoaks yang bisa mengganggu kampanye maupun Pemilu, untuk menjaga perdamaian jelang Pemilu tahun 2024 maka diharapkan kepada masyarakat menjaga kondusifitas dan menghindari pertikaian”, ungkapnya.

Ibnu Hajar menambahkan, masyarakat jangan mengadu domba dan sebaiknya saling menghormati antar pendukung. Menurut Ibnu semuanya berteman dan tidak perlu disama-samakan. Ia mengajak untuk senantiasa menjaga perilaku yang baik-baik.

“Jangan sakiti orang lain, jangan bully orang lain dan namun harus salurkan energi yang positif. Pemilu seyogyanya tidak semata-mata melahirkan fantasi-fantasi tak bermakna, tetapi harus menjadi momentum pemberdayaan sehingga terbentuk pemilih yang rasional dan memiliki daya tawar”, sebutnya.

Semua harapan rakyat, tutur Ibnu, untuk mewujudkan Pemilu Serentak yang aman, damai, tertib dan demokratis kini berada di pundak kita semuanya. (Red/**)

Sumber : Ibnu Hajar

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *