Meski RSUD Depati Hamzah Memperoleh Akreditasi Paripurna Bintang Lima, Wali Kota Molen Datangkan Peralatan Canggih Terbaru “Pemecah Batu Ginjal Tanpa Operasi”

by -2141 Views

Tak tanggung-tanggung. Meski jelang “turun tahta” yang tinggal hitungan bulan, Walikota Molen tak berhenti memikirkan warga Pangkalpinang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan maksimal. Utamanya warga yang berobat ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah yang nota bene milik Pemkot Pangkalpinang.

Sebagaimana diketahui, RSUD Depati Hamzah menjadi satu-satunya rumah sakit plat merah yang telah memperoleh akreditasi paripurna bintang lima se Provinsi Babel. Agar dapat terus melayani masyarakat yang berobat kesini secara paripurna, Pemkot Pangkalpinang melalui manajemen RSUD Depati Hamzah pun getol berbenah diri.

Salah satu upaya Walikota Molen mendukung perkembangan RSUD Depati Hamzah, yakni dengan melengkapi fasilitas berupa peralatan-peralatan canggih dan modern. Peralatan mutakhir canggih tersebut akan didatangkan secara bertahap sepanjang tahun 2023.

Diterangkan Direktur RSUD Depati Hamzah, dr Della Rianadita, saat ini peralatan canggih terbaru yang sudah datang berupa alat endoeurologi  yang berfungsi untuk penanganan batu ginjal atau batu saluran kemih dan prostat. Kemudian peralatan canggih untuk pemecah batu ginjal tanpa operasi.

“Alat ini sudah ada di ruang operasi dan masih menunggu izin dari yang berkompeten. Kami berharap bisa beroperasi awal Maret 2023 untuk melayani mayarakat Pangkalpinang. Saat ini hanya RSUD Depati Hamzah yang secara komprehensip memiliki kedua alat tersebut dalam menunjang kesehatan eurologi atau saluran kemih,” jelasnya.

Kemudian, sambung dia, peralatan canggih lainnya yang bakal melengkapi ruang operasi RSUD Depati Hamzah di tahun ini, yakni alat CT Scan 64 Slice, mamografi (untuk deteksi dini resiko kanker payudara), ekokardiografi canggih dan peralatan kateterisasi.

Dengan semakin bertambah lengkapnya peralatan canggih baik untuk operasi maupun deteksi dini penyakit, diharapkan RSUD Depati Hamzah menjadi tujuan utama masyarakat Kota Pangkalpinang dan sekitarnya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. (Red/djee)

 

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *