Wali Kota Pangkalpinang Sampaikan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Rancangan Prioritas

by -196 Views

PANGKALPINANG – Wali Kota Pangkalpinang, Dr. H. Maulan Aklil sampaikan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Rancangan Prioritas, plafon anggaran sementara Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Pangkalpinang tahun anggaran 2024 pada rapat paripurna XIV masa persidangan III DPRD kota Pangkalpinang tahun 2023 di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kota Pangkalpinang, Senin (3/7/2023).

“Dalam kesempatan yang baik ini, izinkan saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Kota Pangkalpinang yang memberikan dukungan dan kerjasama yang baik bersama Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam melaksanakan berbagai program-program pembangunan di daerah kota Pangkalpinang”, ujar Molen, sapaan akrab wali kota memulai sambutannya.

Molen menerangkan, keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD) yang bertujuan untuk mengalokasikan sumber daya nasional yang efektif dan efisien, peningkatan kinerja daerah, dan pemerataan layanan publik dan kesejahteraan masyarakat.

“Hal ini memberikan warna dan semangat baru bagi pemerintah daerah untuk lebih mengoptimalkan sumber-sumber penerimaan bagi daerah. Sebagaimana diketahui bersama di awal tahun 2024 kita akan memasuki agenda pesta demokrasi terbesar dalam sejarah bangsa Indonesia yaitu pemilu serentak mulai dari Pilpres, pileg, pemilukada”, ungkapnya.

Selanjutnya, tambah Molen, dalam melaksanakan fokus dan tema pembangunan tersebut, prioritas pembangunan Kota Pangkalpinang di tahun 2024 adalah akselerasi reformasi birokrasi dan demokrasi daerah, peningkatan kompetensi dan keterampilan angkatan kerja sesuai kebutuhan pasar kerja, percepatan Penanganan kemiskinan ekstrim, peningkatan kualitas ekonomi kerakyatan”, kata Molen.

Molen menambahkan, peningkatan kualitas tata ruang wilayah berbasis lingkungan, peningkatan akses pelayanan pendidikan dan kesejahteraan serta daya saing masyarakat, dan peningkatan kualitas pembangunan gender.

“Sebelum mengakhiri sambutan ini, sekali lagi saya menyampaikan ucapan terima kasih atas segala dukungan yang diberikan kepada kami pada periode pertama 2018-2023 dalam menjalankan visi dan misi yang telah terimplementasi dalam bentuk program-program pembangunan daerah. Kami juga berharap dalam rancangan KUA-PPAS APBD Kota Pangkalpinang tahun anggaran 2024 dapat segera kita bahas dan disepakati bersama pada tepat waktunya”, tukasnya.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *