138 Wisudawan Wisudawati Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung Sandang Gelar Sarjana, Songsong Indonesia Emas 2045

by -690 Views

PANGKALAN BARU – Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung gelar sidang senat terbuka yang dipimpin oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Ir. Fadillah Sabri, S.T., M.Eng., IPM dalam rangka Wisuda Sarjana Angkatan XII tahun akademik 2023/2024 yang berlangsung di Auditorium Sofyan Tsauri Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah, Sabtu (23/12/2023).

“Sebagai PTMA yang usianya relatif muda, Unmuh Babel berusaha untuk berdaya saing di tingkat nasional dan internasional. Wisuda Sarjana ini sekaligus peresmian dua gedung yakni gedung Kamaruddin AK dan Auditorium Sofyan Tsauri”, ujar Fadillah Sabri.

Cendikiawan yang dimiliki Bangka Belitung ini sebut kedua sosok tersebut adalah tokoh Muhammadiyah Bangka Belitung yang sangat menginspirasi.

“Selain dari penghormatan kepada almarhum, yang tidak kalah pentingnya adalah para mahasiswa dan kita semua untuk dapat meneladani kesungguhan dan keikhlasan merawat Muhammadiyah. Keduanya kami juluki matahari-matahari Muhammadiyah Bangka Belitung”, ungkapnya.

Rektor Fadillah Sabri sampaikan bahwa matahari tak akan pernah berhenti bersinar, dan terus bersinar sampai berakhirnya kehidupan.

“Saya terharu dengan perjuangan orang tua sehingga kalian menjadi sarjana, dengan rasa syukur dan terima kasih kami kembalikan anak-anak kita kepada orang tua. Semoga menjadi sarjana-sarjana yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah”, tukasnya.

Ditempat yang sama salah satu Wisudawati, Jeni mewakili 138 Wisudawan Wisudawati menceritakan perjalanan sejak mengikuti Masa Ta’aruf Kampus (Mataka) yang merupakan permulaan ia berkenalan dengan Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung hingga Wisuda saat ini.

Dengan kalimat dan intonasi yang sangat menyentuh, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada sang ayah dan ibu. Baginya, dorongan yang diberikan orang tua sangat lah berarti baik materil maupun moril sehingga ia bersama Wisudawan dan Wisudawati menjadi seorang sarjana.

Sementara, Penjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal ZA tegaskan komitmennya untuk mendukung program satu rumah satu sarjana. Orang nomor satu di Bumi Serumpun Sebalai ini apresiasi Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung telah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, mencerahkan, dan turut serta membangun bangsa.

“Kita tidak selalu bisa membangun masa depan bagi generasi muda, tapi kita bisa membangun generasi muda untuk masa depan. Jadi generasi muda lah yang membangun untuk dirinya, membangun untuk negara”, kata Safrizal dalam sambutan.

Safrizal terangkan, ada 174 juta penduduk Indonesia pada usia muda yang terdiri dari Millenial dan generasi Z. Ia berharap generasi muda menjadi kunci kesuksesan keberlangsungan negara terutama menyongsong Indonesia Emas 2045, dimana pada era tersebut terdapat bonus demografi.

“Jadilah job creator”, pungkasnya. (Red/**)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *