O2SN Kota Pangkalpinang Resmi Dibuka, Siap Jaring Atlet Berbakat

by -666 Views

PANGKALPINANG – Ratusan pelajar tingkat SD dan SMP se-Kota Pangkalpinang memeriahkan pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Kota Pangkalpinang di Stadion Depati Amir, Rabu (21/6/2023).

Kegiatan O2SN dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Pangkalpinang, Suryo Kusbandoro yang mewakili Wali Kota Pangkalpinang. Dalam apel pembukaan kompetisi olahraga ini, Suryo menyampaikan beberapa pesan wali kota bahwa kegiatan ini tidak hanya berorientasi pada kejuaraan, akan tetapi esensinya terletak pada nilai pendidikan.

“Jadikan kegiatan ini sebagai pengalaman belajar. Memang benar dalam 02SN ini ada ajang kompetisi dan unjuk kemampuan, akan tetapi pada dasarnya kegiatan ini merupakan ajang pembelajaran terutama dalam hal olah pikir, olah rasa dan olah hati serta pengembangan sikap dan kepribadian para atlet,” tutur Suryo.

Hal yang penting menurut dia harus dipegang para atlet yakni, sikap saling menghargai, saling menghormati, solidaritas dan toleransi. Kalah atau menang dalam kompetisi kata Suryo, bukan lah tujuan tetapi dijadikan sebagai motivasi dalam mencapai tujuan.

“Besar harapan saya kejuaraan ini menjadi ajang mencari bibit atlet berbakat dan peningkatan kemampuan atlet dari kalangan pelajar. Sekaligus bagian dari sistem pembinaan sejak dini untuk mencetak atlet-atlet berkelas nasional bahkan internasional,” lanjut Suryo.

Dia turut mengapresiasi kegiatan yang sempat vakum tiga tahun lantaran Covid-19 ini dan O2SN dianggap sebagai moment yang tepat serta berharga bagi anak didik untuk dapat berkreasi, berinovasi, berprestasi dan berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman yang baik, belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai ketakutan lawan.

“Saya mengimbau kepada panitia, wasit dan juri termasuk atlet untuk tetap menjaga dan memelihara situasi keamanan dan ketertiban. Junjung semangat sportivitas yang tinggi,” pesan Suryo.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *